Museum Toyota Nagoya: Melihat Mobil James Bond


Toyota Bond Car Saat memasuki museum Toyota di kawasan Nagoya, Jepang, pada Kamis (11/12/2014) perasaan saya biasa saja. Paling direktur museum yang menemani rombongan jurnalis asal Indonesia ini akan menjelaskan sejarah berdirinya Toyota, dari awal hingga kini.

Toyota Bond Car K2Deskripsi mengenai pendiri Toyota, Sakichi Toyoda yang memulai dari memproduksi mesin tenun sebelum menjadi pengusaha otomotif adalah hal yang sudah biasa. Termasuk bagaimana museum ini dibangun pada bulan September 1974 tepatnya saat produksi Toyota mencapai 10 juta unit.

ToyotA F1Kami pun diajak berkeliling, menelusuri sejarah otomotif dunia mulai awal hingga saat ini. Jadi, bukan hanya melihat sejarah perkembangan mobil Toyota dan Jepang saja. Sayang, waktu yang tersedia sangat terbatas. Belum sempat melihat detail mobil mobil kuno itu, kami harus berpindah ke lokasi lain.

TOYOTA KOLEKSI RAHASIANamun, yang paling menarik adalah ketika kami diizinkan masuk ke ruang khusus yang berada di basement. “Ruang ini tidak boleh dimasuki oleh pengunjung. Karena ini spesial, Anda saya izinkan masuk,” ujar sang direktur.

Di ruang ini, ada koleksi spesial produk Toyota. Ada mobil Toyota 2000GT Bond Car tahun 1966. Mobil inilah yang dipakai oleh agen rahasia James Bond 007 . Ternyata, tahun 1960-an Toyota sudah mengincar pasar mobil di Amerika dan Eropa sehingga berani menjadi sponsor untuk film James Bond.

MUSEUM TOYOTAA (K2Selain mobil James Bond, kami juga melihat mobil balap Formula One keluaran Toyota. Ada pula mobil balap lainnya. Uniknya, Toyota Land Cruiser (Hard Top) keluaran tahun 1980-an dipajang di tempat ini. Mobil ini sangat dekat dengan kehidupan di Indonesia. Hard top adalah mobil dinas tentara, yang tenaganya luar biasa.

Setelah puas melihat koleksi mobil di museum, kami masuk ke toko souvenir yang menjual berbagai macam aksesori unik yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga. (foto:  Joko Harismoyo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s