Mengemas Cerita, Mendongkrak Wisatawan


NITAMA CAT MASTERCara Jepang untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke negaranya patut ditiru. Dengan mengangkat seekor kucing menjadi kepala stasiun kereta api, jumlah pelancong, baik domestik maupun pengunjung asing, melonjak tajam.

Kucing itu bernama Tama (kepala stasiun Kishi) dan Nitama (kepala stasiun Idakiso) di Prefektur Wakayama, Jepang. Menurut informasi, saat akan dibangun stasiun, di daerah itu ada seorang yang memelihara banyak kucing. Dia keberatan dengan pembangunan stasiun karena kasihan dengan nasib kucing-kucing itu.

KISHI STATIONMelalui negosiasi, akhirnya disepakati, pembangunan stasiun tetap berjalan sesuai rencana. Kucing diakomodir dengan menjadi kepala stasiun, yang bekerja layaknya manusia. Tentu juga mendapatkan gaji. Ternyata, ide tersebut menjadi kunci dari pemda setempat untuk ‘menjual’ cerita kepada pengunjung.

TAMA TRAIN K2Tama dan Nitama menjadi kucing pertama di dunia yang menjadi kepala stasiun kereta api. Banyak pengunjung yang datang karena terpikat dengan cerita tersebut. Padahal, apa yang dikerjakan Tama dan Nitama di dalam kandangnya? Apakah dia bisa memantau perjalanan kereta api Ichigo (Strawberry), kereta api Omocha (Mainan) dan kereta api Tama (Kucing) yang melewati rute KRL Kishigawa? Tentu tidak! Namun, keunikan itu memiliki nilai jual kepada wisatawan. Mereka ingin melihat kucing yang menjadi kepala stasiun.

TAMA TRAIN KYang perlu diingat, selain ‘menjual’ cerita, infrastruktur di sana juga mendukung cerita tersebut. Kereta Tama, bermotif kucing semua dari tempat duduk, lantai, langit-langit hingga eksterior. Bahkan Tama cafe yang ada di stasiun Kishi, baik interior maupun eksterior menggunakan tema kucing.

TAMA TRAIN K3Ide kreatif yang patut kita tiru, terutama untuk menarik wisatawan. Ingat, tahun 2014, jumlah turis di Jepang mencapai 13 juta. Jumlah tertinggi dalam sejarah Negeri Sakura. (foto: Joko Harismoyo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s