Kecil tapi nyaman


Nyaman tak harus luas dan megah. Felice Cohen (40), organizer professional, telah tiga tahun tinggal di sebuah kamar berukuran 8,3 m2 di Apartemen Manhattan, New York. Alasan wanita yang memecahkan rekor dunia tinggal di apartemen terkecil itu, sangat masuk akal. Dia ingin tinggal di tengah kota, yang dekat dengan pusat keramain, namun saat yang bersamaan, dia juga tak mau menguras seluruh kantongnya.

Sewa normal untuk apartemen Manhattan per bulan sekitar US$ 3600. Cohen cukup merogoh  US$ 700 untuk tinggal di lokasi yang tak jauh dari Central Park itu. Sebelum tinggal, dia merombak seluruh perabotan yang ada. Sebagai organizer professional, menyusun ruang kecil menjadi tempat tinggal yang nyaman, adalah tantangan tersendiri. Dia membuat perabot sederhana dan cozy. Tak ada dapur. Cukup memakai pemanggang roti, kulkas kecil dengan dua piring, satu pisau, satu sendok, dan satu garpu.

Malam pertama menempati ruang mungil ini, Cohen sempat panik. “Setelah itu, tak ada (panik) lagi. It’s cozy,” ujarnya. Cohen, yang telah mengatur rumah milik selebriti papan atas seperti Naomi Campbell, Lisa Loeb, Judy Gold, dan lain-lain ini mampu menunjukkan kepada kita bahwa kenyamanan bukan terletak pada seberapa luas apartemen yang kita miliki, tetapi bagaimana kita mengatur ruang yang kita miliki agar menjadi “sesuatu”. (Majalah Jakart 3636 edisi 69, 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s