Foto Wedding: Concept & Budget


Foto wedding harus sesuai dengan tema pernikahan. Biar klop, pengantin dan fotografer menyusun konsep bersama. Foto harus memenuhi keinginan klien sehingga menggambarkan “siapa dia”. Namun, foto tak boleh mengabaikan estetika sebagai sebuah karya seni seorang fotografer.

Sebelum menyusun konsep, fotografer harus mengetahui apa keinginan klien. Untuk itu, perlu komunikasi instens antarmereka. “Komunikasi dari awal harus bagus. Harus ketemuan dulu supaya kita bisa menjelaskan kepada klien,” ujar Bun Sentoso dari Indio Photography.

Di awal pertemuan, Bun meminta klien menjelaskan apa keinginannya. Mereka browsing bersama untuk melihat-lihat foto wedding. “Dari situ kita tahu apa yang mereka suka dan tidak suka. Juga taste mereka,” lanjutnya. Menurut Bun, satu atau dua kali pertemuan sudah cukup untuk mengetahui keinginan klien.

Tahap berikutnya adalah menentukan konsep foto. Di sini bukan hanya keinginan klien yang dipertimbangkan. “Gabungan dari tren, kemauan klien, budget, waktu dan lokasi,” jelas Bun. Harus diperhatikan pula apa yang cocok untuk klien dan fotografer. Masalah terbesar dalam penyusunan konsep adalah menjembatani kemauan klien dengan budget yang ada.

Dalam menyusun konsep ini dibahas pula foto pre-wedding, baik lokasi pemotretan maupun aksesori yang akan dipakai. Biasanya, Bun akan mengusulkan beberapa lokasi yang sesuai dengan tema pernikahan. “Kita tentukan bersama lokasi dan waktunya,” kata Bun lagi. Dia juga mengusulkan wardrobe dan tone warna yang sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan.

Memang tak mudah menyusun konsep foto yang pas. Untuk itu, kita harus dapat memilih fotografer yang tepat. Bandingkan portofolio beberapa fotografer. “Harus ketemu biar kita yakin fotografer itu bisa menghasilkan karya yang kita inginkan,” saran Bun. (Majalah Jakarta 3636 edisi 68, 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s