Ultimate Tablet


Ultimate Tablet

Hidup serasa belum lengkap tanpa tablet. Piranti mungil ini menjadi gadget serba bisa yang mudah ditenteng kemana-mana. Bisa dipakai memutar film atau video, mendengarkan musik, main game, browsing internet sampai memotret. Bahkan bisa digunakan untuk membaca buku, majalah atau koran. Bentuknya elegan dan fungsinya bermacam-macam. Jenis tablet yang beredar di pasar pun bermacam-macam, mulai produk luar sampai local. Berikut adalah tablet yang layak Anda koleksi.

1. Apple iPad 2

Kemampuan ipad 2 jauh lebih baik dibanding seri sebelumnya. Dilengkapi dua kamera (depan dan belakang) sehingga bisa digunakan untuk video conference. Penggunaan dual core processor (prosesor 1,2GHZ Apple A5, RAM 512 MB) membuat kinerja iPad 2 sama dengan laptop berkemampuan tinggi. Steve Jobs, bos Apple, mengatakan kemampuan grafis iPad 2 sembilan kali lebih cepat dibandingkan dengan versi pendahulunya. Kinerja yang menakjubkan ini didukung dengan penampilan yang elegan dan memesona. Bentuknya 33% lebih tipis. Hanya 8,8 mm dengan berat sekitar 600 gram. Daya tahan baterai sangat baik. Tahan sampai 10 jam untuk akses web dengan Wi-Fi, melihat video atau mendengarkan musik. Namun, bila Anda memakai jaringan data 3G, baterai hanya tahan sampai 9 jam. Kali ini, Apple juga memroduksi sendiri aksesori untuk ipad 2 mulai dari smart cover, digital SV adapter,   camera connection kid, dan lain-lain.

2. BlackBerry PlayBook

Tablet keluaran BlackBerry ini ringkas. Berat hanya 425 gram, dengan dimensi 19,4 x 13 x 1 cm. Bagian belakang PlayBook terbuat dari material karet sehingga tidak licin dan tahan banting. Mudah dan fleksibel masuk ke tas kerja. Selain unggul dalam portability, kelebihan tablet ini terletak pada kemampuan multitasking. Apalagi, layar selebar 7 inchi memiliki resolusi prima, 1024 x 600 pixel sehingga menghasilkan gambar yang sangat tajam, detail, serta kaya warna.  Dengan kemampuan multitasking itu, Anda bisa memutar video atau film sambil browsing, mendengarkan musik atau chatting. Saat memutar film dan Anda membuka browser, maka jendela multitasking akan memperlihatkan thumbnail (jendela kecil) berisi browser dan video. Harus diakui, multitasking PlayBook sangat prima dibanding tablet lain. Hanya sayangnya, tablet ini belum memiliki jaringan 3G serta tidak bisa email dan BBM tanpa menggunakan BlackBerry. Anda harus pairing dengan BlackBerry melalui aplikasi Blackberry Bridge.

3. Motorola Xoom

Dari sisi hardware, tablet ini sangat mumpuni. Didukung dengan prosesor Tegra 2 Dual Core serta sistem operasi Android 3.0 (Honeycomb), kinerja Motorola Xoom sangat memuaskan. Baik untuk browsing maupun memutar video. Layar selebar 10,1 inchi dengan resolusi 800 x 1280 pixel mampu menampilkan gambar sempurna dengan detail warna yang memukau. Layar terbuat dari Gorilla Glass sehingga tak memerlukan pelindung layar.  Dilengkapi dua kamera. Di bagian belakang memiliki resolusi 5 megapixel. Hanya memerlukan dua detik untuk autofocus. Kamera tersebut bisa merekam video dengan kualitas High Definition (1280 x 720 pixel) dengan kecepatan 30 fps. Hasil rekaman tajam dan halus. Di atas layar terdapat kamera 2 megapixel yang bisa difungsikan untuk video call. Kalau soal ukuran, tablet ini terlihat lebih bongsor dibanding yang lain (dimensi 249.1 x 167.8 x 12.9 mm dan berat 730 gram).

4. Nexian Genius (NX A7500)

Tablet perdana keluaran Nexian ini dibekali sistem operasi Android 2.2 Froyo dengan prosesor 600 MHz keluaran Qualcom yang bekerja pada jaringan 3.5G sehingga memudahkan koneksi ke internet. Lebar layar 7 inchi yang dilengkapi dengan kamera 2 megapixel, Bluetooth, GPS/AGPS, serta Micro SD Slot. Sebagai tablet produk local, Nexian Genius sudah memiliki aplikasi preloaded berupa portal berita (Kompas, Detik, Bisnis Indonesia, Bintang Indonesia, dan Kapanlagi), aplikasi social media (Facebook), serta internet browser (Opera Mini). Kelebihan utama Nexian Genius terletak pada harga. Dibandingkan dengan tablet buatan luar negeri, harga Genius hanya sekitar setengahnya. Bisa menjadi salah satu alternatif.

5. Ti-Pad Justin

Tablet keluaran Ti-Phone ini berbeda dengan tablet lokal lain yang biasanya menggunakan layar  7 inchi. Layar Ti-Pad Justin lebih lebar, yaitu  8 inchi. Fitur lain nyaris sama, termasuk sistem operasi yang digunakan, Android 2.2 Froyo. Kelebihan Justin adalah adanya TIS (T-Internet Service) Application yaitu paket layanan unlimited mobile internet berupa T-market (toko aplikasi berbasis Android), T-Book (aplikasi Facebook), T-Messanger (apliasi Chatting), T-Mail (aplikasi Push Mail), serta Opera Mini (aplikasi Browsing).  (Majalah Jakarta 3636 edisi 66, Agustus 2011)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s