Let’s drink coffee together!


Negara-negara Skandinavia pecinta kopi sejati. Penduduk Finlandia rata-rata mengonsumsi kopi 12 kg dalam setahun, tertinggi di dunia. Urutan berikutnya ditempati Norwegia (9,9 kg), Islandia (9 kg), dan Denmark (8,7 kg). Setelah Belanda (8,4 kg), peringkat berikutnya kembali dipegang negara Skandinavia, yaitu Swedia (8,2 kg), Swiss (7,9 kg), serta Belgia (6,8) kg. Indonesia berada di urutan 104 dengan rata-rata 0,5 kg. Uniknya, konsumsi tehnya hanya sedikit. Swiss dan Swedia hanya menyeduh teh 0,4 kg dalam setahun.

Padahal, Skandinavia bukanlah penghasil kopi seperti halnya Brasil, Kolombia, dan Indonesia. Kegemaran minum kopi itu mungkin terkait dengan cerita Raja Gustaff II yang memimpin Swedia pada tahun 1594 hingga 1632. Saat itu, baginda menjatuhkan hukuman unik kepada dua saudara kembar. Yang satu hanya boleh minum kopi, sedangkan yang satunya hanya boleh menyeruput teh. Siapa yang meninggal lebih dulu, dialah yang salah dan melakukan tindak pidana yang dituduhkan. Alhasil, peminum teh tewas lebih dulu pada usia 83 tahun. Sejak itu, warga Swedia, juga Skandinavia pada umumnya, menjadi peminum kopi sejati. Mereka percaya, minum kopi dapat memperpanjang usia.

Terlepas mitos ini benar atau salah, tetapi hasil penelitian yang dilakukan Dr Gang Hu dkk dari Chronic Disease Epidemiology, Pennington Biomedical Research Center, AS pada September 2010 terhadap 59.490 warga Finlandia (pria dan wanita usia 25-74 tahun) menyimpulkan bahwa minum kopi secara moderat tidak menyebabkan terjadinya gagal jantung. So, let’s drink coffee together! (Notes majalah Jakarta 3636, edisi 64 Mei 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s