Demi Secangkir Kopi


Tak mudah membuat secangkir kopi enak, baik aroma maupun rasanya. Kadang, aromanya menggoda tetapi rasanya kurang ‘nendang’. Menemukan racikan kopi yang pas membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Banyak faktor yang terlibat, mulai dari kualitas kopi, kesegaran, takaran, hingga cara menyeduhnya.

1. Kualitas Kopi

Tak ada yang mengharamkan membeli kopi bubuk. Tapi,alangkah baiknya, Anda membeli biji kopi. Aroma dan rasa kopi segar yang baru digling lebih enak dibanding kopi yang sudah lama digiling. Dan ingat, beli biji kopi sesuai kebutuhan. Dalam ilmu kopi, kesegaran adalah segalanya.  Biar tidak ribet, Anda sebaiknya membeli biji kopi yang sudah disangrai. Kecuali Anda memiliki keahlian menyangrai kopi.

2. Peralatan

Agar mendapatkan rasa kopi yang maksimal, Anda wajib memiliki perlengkapan standar yaitu alat penggiling (grinder), pengukur suhu (thermometer), gelas ukur, timbangan elektronik, serta alat menyeduh seperti  French Press, Vietnam Drip, Pour Over, Syphon, dan lain-lain.  Grinder diperlukan untuk mendapatkan kopi segar dan beraroma. Selain itu, melalui grinder, Anda bisa mengatur halus kasarnya kopi, untuk mendapatkan rasa yang pas. Ukuran kopi tergantung dengan alat seduh yang akan digunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan French Press untuk menyeduh, kopi sebaiknya digiling agak kasar. Hanya melalui berbagai percobaan, Anda akan mendapatkan rasa kopi yang pas. Percobaan yang dimaksud meliputi halus kasarnya kopi, takaran kopi, suhu air, serta jenis air yang digunakan.

3.  Menyeduh (brewing) Kopi

Jika perlatan di atas sudah tersedia, proses berikutnya adalah memilih alat seduh serta proses brewingnya. Karena sedang membicarakan kopi tubruk, mesin espresso tidak dibahas di artikel ini. Ada beberapa alat seduh yang beredar di pasaran yaitu Pour Over (filter kopi), French Press, Moka Pot, Drip Coffee Pot, Vietnam Drip, serta Syphon.

Dari beberapa alat di atas bisa dipilah menjadi dua bagian, yaitu alat seduh yang tak membutuhkan proses memasak lagi dan alat yang membutuhkan proses pemanasan. Alat yang tak membutuhkan proses masak adalah Pour Over, Vietnam Drip, dan French Press. Melalui alat ini kita hanya menuangkan bubuk kopi ke dalam wadah/takaran lalu menambahkan air panas. Tentu, takaran kopi dan suhu air serta waktu yang diperlukan harus dihitung dengan cermat.

Alat brewing yang membutuhkan proses memasak adalah Moka Pot, Ibrik, serta Syphon. Proses memasak pada Moka Pot dan Syphon hampir sama. Hanya, pada Moka Pot, sumber energi ada yang menggunakan listrik sehingga lebih praktis, sedangkan pada Syphon hanya memakai bahan bakar gas. Untuk Ibrik, proses memasak sedikit berbeda. Alat untuk membuat kopi Turki ini mencampurkan kopi, gula, serta rempah-rempah seperti kapulaga (cardamom) dan kayu manis ke dalam Ibrik, lalu memasaknya hingga matang.

Saat menyeduh kopi, ada empat hal yang harus diperhatikan, yaitu:

a. Kualitas Air

Air yang digunakan harus bersih, tidak berasa serta ridak berbau. Keberadaan mineral akan memperkaya rasa kopi. Kualitas air yang kurang baik akan mengubah rasa kopi.

b. Takaran Kopi

Soal takaran tergantung selera. Namun umumnya untuk segelas air (150 cc – 200 cc) takaran yang digunakan berkisar 15-20 gram. Untuk mendapatkan takaran yang tepat, lakukan berbagai eksperimen sampai Anda mendapatkan rasa yang maksimal.

c. Temperatur Air

Seduhlah kopi dengan temperatur air yang pas. Bila air kurang panas, rasa kopi menjadi hambar. Namun air yang terlampau panas juga merusak rasa kopi. Temperatur yang pas adalah 95-98 derajat Celcius. Jadi, inilah perluanya Anda memilihi pengukur suhu. Bila tak punya, air mendidih (100 derajat C) didiamkan selama 1-2 menit sebelum dituangkan ke dalam kopi.

d. Lama Menyeduh

Setelah suhu air pas, tuangkan ke dalam kopi. Saat diseduh, ekstrak kopi akan bercampur dengan air. Diamkan sekitar 3-4 menit, lalu aduk perlahan-lahan. Jangan terlalu lama mengaduk karena bisa merusak rasa. Biarkan kopi selama 3-4 menit. Kopi siap diminum.  (Majalah Jakarta 3636 edisi 64, Mei 2011)

2 thoughts on “Demi Secangkir Kopi

  1. begitu rumitnya ya pak untuk kenikmatan segelas kopi, karena tidak penah terpikir kalau sampai kualitas air temperatur dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s