Alergi Makanan Bukan Penghalang


Rencana liburan dan jalan-jalan tak boleh terganggu oleh apapun, termasuk alergi makanan. Walau alergi makanan bisa menyebabkan ketidaknyamanan seperti diare, mual, dan munculnya bercak-bercak merah, namun hal tersebut bisa dihindari. Setidaknya diminimalisir sehingga liburan Anda tetap menyenangkan.

Yang paling penting dari semuanya adalah keyakinan bahwa alergi makanan tidak akan mengganggu liburan. Ini penting agar Anda tidak stress saat jalan-jalan. Asal semua disiapkan dengan matang, termasuk bekal makanan yang harus dibawa, alergi makanan tak akan menjadi penghalang. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

1. Pilih tempat tujuan. Diskusikan dengan agen travel dan dokter sebelum memilih tempat tujuan. Jangan sampai Anda pergi ke daerah yang sebagian besar makanannya menjadi pantangan Anda.
2. Cek obat-obatan. Pastikan daerah tujuan memiliki obat yang Anda butuhkan seperti antihistamine atau inhaler. Jangan menggunakan obat di daerah itu karena belum tentu sesuai dengan tubuh Anda. Jika terkait asuransi, pastikan asuransi kesehatan bisa dipakai di wilayah tersebut.
3. Cek rumah sakit dan klinik terdekat. Pastikan Anda tinggal di dekat rumah sakit yang memenuhi syarat sehingga jika terjadi sesuatu, Anda bisa segera diberi pertolongan
4. Cek apotik, restoran, dan akomodasi. Catat apotik dan toko obat terdekat dimana Anda bisa membeli obat alergi tanpa resep dokter. Cari juga restoran yang peduli dengan alergi makanan bagi pengunjungnya. Tanyakan juga rute perjalanan ke tempat-tempat tersebut.
5. Bawa obat secukupnya. Biar tak bingung, bawalah obat anti alergi secukupnya. Sertakan penjelasan dokter yang meneragkan alergi Anda serta bagaimana memberikan pertolongan saat darurat.
6. Bawa sabun cuci tangan. Mencuci tangan sebelum makan sangat berguna untuk mengusir bakteri yang bisa menimbulkan penyakit. Bawalah antiseptik, baik sabun maupun cairan lain, untuk mengusir penyakit.
7. Bawa makanan. Bila memungkinkan bawalah makanan sendiri. Dan simpan dengan cara aman. Makanan tersebut sangat membantu jika Anda kesulitan menemukan makanan yang aman bagi kesehatan.
8. Pakai gelang identitas. Tak mungkin mengatakan ke semua orang kalau Anda punya alergi. Untuk itu, gunakan gelang medis yang menjelaskan penyakit tersebut. Sehingga jika terjadi sesuatu, orang di sekitar bisa memberi pertolongan. (Travel Tips majlah JAKARTA edisi 61, Februari 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s