Farmstay: Fun and Relaxing Experience


Liburan ke luar negeri tak mesti menginap di hotel berbintang. Agar mengenal budaya setempat, Anda bisa memilih farmstay (agritourism) yaitu tinggal bersama keluarga petani serta melibatkan diri dalam aktifitas mereka. Tak semua orang menyukai wisata model ini, meski menawarkan sejuta sensasi.

Farmstay sudah familiar di Eropa, Australia, Amerika, serta Selandia Baru. Anda bisa memilih untuk tinggal di lokasi tertentu, misalnya tinggal bersama petani anggur atau ikut memerah susu sapi di peternakan. Pilih aktifitas dan budaya yang menurut Anda menarik dan memberikan pengalaman berharga. Sebelum menentukan untuk farmstay, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Send letter or email

Sebelum tiba di lokasi farmstay, kirim surat atau email kepada keluarga yang akan menampung Anda. Kenalkan diri Anda dan asal-usulnya. Kalau memiliki alergi terhadap sesuatu, ceritakan, agar tak menimbulkan masalah saat kunjungan. Semakin kenal dengan tuan rumah semakin baik sehingga saat tiba di sana, Anda merasa seperti bertemu kawan lama.

Learn a few phrases

Jika berkunjung ke daerah yang Anda tak faham dengan bahasa mereka, pelajari beberapa kata kunci, seperti kata untuk menyapa dan ucapan terima kasih. Tuan rumah akan menghargai usaha Anda untuk mengenal bahasa dan budaya mereka, meski komunikasi bisa dilakukan dengan bahasa Inggris.

Bring a gift

Bawakan hadiah untuk tuan rumah. Usahakan hadiah itu berupa benda-benda khas dari daerah Anda. Jika dari Jawa, Anda bisa menghadiahi mereka dengan keris. Benda budaya seperti ini lebih bermakna daripada barang-barang yang mudah didapat di super market internasional.

Discuss about rules

Setelah tiba atau bisa pula sebelum datang, diskusikan dengan tuan rumah mengenai aturan main farmstay. Berapa biaya per malam serta fasilitas apa yang Anda dapatkan dari mereka. Bicarakan juga aturan dan kebiasaan masing-masing agar tak menimbulkan perselisihan. Jika Anda tak mau mengonsumsi makanan tertentu karena pantangan atau larangan agama, beritahu tuan rumah sehingga mereka tak menghidangkan makanan terlarang itu.

Bring international cell phone

Mintalah ijin jika Anda akan menggunakan fasilitas di luar perjanjian, misalnya meminjam telepon untuk menghubungi keluarga di tanah air. Lebih baik Anda membawa ponsel sendiri untuk menjalin komunikasi dengan kerabat. (Rubrik travel tips Majalah JAKARTA 3636 edisi 57, Oktober 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s