Aman Traveling Saat Hamil


Hamil bukan menjadi penghalang untuk traveling. Meski perjalanan saat hamil bisa menimbulkan problem, seperti bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, namun bukan menjadi alasan untuk menunda rencana traveling. Bahkan, perjalanan jauh pun tetap aman jika Anda mengetahui tipsnya.

1. Pakai baju hamil. Gunakan baju dan celana hamil dengan bahan katun sehingga bisa menyerap keringat selama perjalanan. Ingat, saat hamil, keringat Anda lebih banyak dari biasanya. Baju dan celana hamil sudah didisain khusus sehingga perut Anda tetap nyaman dan tak mengganggu gerak tubuh.

2. Hindari dehidrasi. Pastikan kebutuhan minum selama perjalanan tetap terjamin.Usahakan minum secukupnya. Tidak harus minum air putih. Kalau bosan, bisa juga minum kopi, teh ataupun jus. Jus buah bukan hanya memenuhi kebutuhan akan cairan tetapi juga vitamin dan mineral.

3. Sepatu nyaman. Pakai sepatu yang nyaman dan gampang dibuka sehingga memudahkan Anda memakai dan melepasnya. Hindari memakai sepatu high heel agar tak mudah capai dan pegal-pegal. Juga menghindari kemungkinan terjatuh yang dapat mengganggu kehamilan Anda.

4. Berjalan-jalan. Usahakan setiap 30 menit Anda bangun dari kursi untuk berjalan-jalan di lorong pesawat. Untuk itu, pilihlah tempat duduk di dekat lorong. Hindari memilih tempat duduk di dekat jendela karena menyulitkan akses ke jalan.

5. Putar kaki. Bila memungkinkan, letakkan posisi kaki lebih tinggi dari badan sehingga aliran darah tetap lancar. Jika tidak, setiap beberapa menit, angkat kaki dari lantai pesawat, lalu putar pergelangan kaki ke arah kanan dan kiri. Lakukan secara bergantian pada kaki kiri dan kanan. Gerakan tersebut sangat membantu kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh. Jangan sampai cairan dan darah ”menumpuk” di kaki Anda. (Travel Tips Majalah JAKARTA 3636, edisi 55 September 2010)



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s