Diving Course, Cara Cepat Menjadi Penyelam


Menyelam (diving) di laut itu gampang. Tak ada kesulitan yang berarti. Namun kenyataannya kursus diving menjamur di berbagai kota besar. Bahkan, peserta pun diberi sertifikasi oleh lembaga khusus seperti PADI (Professional Association of Diving Instructors). Kursus diperlukan agar Anda mengenal peralatan serta siap menghadapi alam bawah laut.

Menurut Michael Sjukrie, pendiri dan pemilik Ody Dive di kawasan Menteng, Jakarta, PADI bukanlah satu-satunya lembaga yang memberi sertifikasi kepada penyelam. “Lebih dari 10,” ujarnya. Tetapi dia mengakui PADI memang paling populer. Sehingga masuk akal pula jika Michael menyelenggarkan kursus diving yang mengacu pada PADI.

Untuk mengikuti pelatihan ini tak ada syarat macam-macam. Yang penting Anda sudah bisa berenang minimal 200 yard (183 meter) non stop serta bisa mengapung di air selama 10 menit. “Kalau gak bisa renang sulit,” tambah Rachmat, staff Ody Dive yang mulai mengenal diving sejak usia 10 tahun. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kursus kelas reguler sekitar dua pekan. Itu bukan harga mati. Bisa lebih cepat. ”Paling cepat empat hari,” tambah Michael.

Materi kursus bermacam-macam dari teori sampai praktek, baik di kolam renang maupun laut. Rincian meteri sebagai berikut:

Class Session

Di tahap ini, Anda akan mendapatkan teori mengenai seluk beluk diving, seperti teori penyelaman, pengenalan alam bawah laut, serta pengenalan tentang peralatan menyelam. Selain membaca, Anda pun akan melihat video serta kuis dan tanya jawab dengan instruktur.

Pool Session

Setelah memahami secara teori, Anda akan diajari praktek. Tahap awal, prakek di kolam renang. Anda diberitahu bagaimana cara mengenakan peralatan renang, mulai cara memakai baju, sepatu, mengatur regulator, dan lain sebagainya. Instruktur juga akan berdemo bagaimana memulai penyelaman. Sehabis itu, barulah giliran Anda memakai peralatan sekaligus praktek menyelam di swimming pool.

Final Exam

Apabila sudah paham secara teori dan praktek, Anda akan diuji kemampuannya. Ujian ini akan menentukan apakah Anda boleh melanjutkan ke tahap berikutnya atau mesti mengulang sampai benar-benar memahaminya.

Open Water Trip

Penyelaman di laut bisa Anda lakukan jika sudah menyelesaikan Final Exam. Trip dilakukan saat weekend agar tak mengganggu jadwal yang lain. Tempat akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Jika Anda mengikuti kursus di Ody Dive, trip menyelam dilaksanakan di Pulau Seribu (Pulau Pramuka). “Kita punya base di sana,” kata Michael. Biaya kurus hanya Rp 4.250.000. ”Sudah termasuk trip dan sewa peralatan,” jelasnya. Setelah menyelesaikan kurus, Anda akan mendapatkan sertifikat dari PADI sebagai penyelam pemula. Artinya, Anda sudah bisa menyelam di laut sampai kedalaman 18 meter. (Education, majalah JAKARTA 3636 edisi 55, Agustus 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s