Most Beautiful Diving


Tempat terindah untuk diving adalah Indonesia. Di sini terdapat 3000 spesies ikan dan 600 jenis karang. Juga memiliki gunug berapi, parit dalam, dinding curam, hingga bangkai kapal Perang Dunia II. “Yang bisa mengalahkan Indonesia hanya Afrika Selatan. Di sana terdapat ikan-ikan besar yang tak ada di laut tropis,” jelas Michael Sjukrie, pendiri Ody Dive. Berikut adalah surga diving di dunia.

INDONESIA

Dengan garis pantai terpanjang di dunia Indonesia memiliki keanekaragaman hayati laut paling lengkap. Hanya, karena berada di garis katulistiwa sehingga beriklim tropis, Indonesia tak memiliki ikan-ikan besar seperti yang ada di laut dingin. Namun keindahan terumbu karang Indonesia tak ada duanya. ”Masing-masing tempat memiliki keunikan tersendiri,” kata Michael. Beberapa tempat favorit untuk diving di Indonesia adalah Bunaken (Sulawesi), Laut Banda, Pulau Komodo, Bali, dan Raja Ampat (Papua). Saat ini pemerintah sedang menggodok 29 destinasi unggulan untuk wisata bahari. Jadi, lokasi diving makin banyak dan beragam dengan dukungan infrastruktur yang memadai.

SOUTH AFRICA

Tempat menakjubkan untuk diving di Afrika Selatan adalah Rocktail Bay. Laut di sini memiliki air dingin sehingga Anda sebaiknya memakai baju selam profesional atau setidaknya baju selam panjang. Karangnya indah. Ikan lebih beragam. Selain ikan-ikan tropis, ada juga ikan ukuran besar dan hewan laut lainnya. Anda bisa bertemu paus bungkuk, lumba-lumba berhidung botol, atau tiger shark. Bulan November dan Maret, Anda bisa melihat kura-kura yang kembali dari sarangnya. Pemandangan yang benar-benar menakjubkan.

MALDIVES

Salah satu pantai dan surga laut dunia adalah Maladewa. Tempat ini juga menjadi impian para penyelam. Airnya cukup hangat karena berada di daerah tropis. Sehingga tak wajib memakai baju selam profesional. Bulan terbaik untuk diving di Maladewa adalah bulan Mei dan September. Anda akan berenang di antara ikan pari raksasa, hiu, kura-kura atau school fish. Untuk diving di lokasi ini tak dibutuhkan keahlian khusus. Sayangnya, terumbu karang di sini tak seindah yang ada di Indonesia. ”Tahu saya dari Indonesia, dia bilang jangan komplain karena karang Maladewa tak seindah di Indonesia,” kata Michael menuturkan pengalamannya diving di Maladewa.

COCO ISLAND

Coco Island di Costa Rica juga memiliki alam laut yang memukau. Berbagai jenis ikan hiu, seperti martil, galapago, silky banyak berseliweran. Ikan paus pun akan menemani penyelaman Anda. Hewan laut lain juga banyak. Berenang di antara hewan-hewan liar seperti itu menjadi pengalaman indah bagi penyelam. Coco Island mempunyai dua musim, kemarau dan hujan. November sampai Mei adalah musim kemarau. Air lebih tenang sehingga penyelaman lebih santai. Silky Shark dan Mobula Ray bermunculan pada musim ini. Musim hujan jatuh pada bulan Juni hingga November. Ikan yang nongol saat itu adalah hiu martil, penyu hijau, ikan pari, ikan kakap kuning dan biru, serta ikan-ikan besar lainnya. Arus air pada musim ini lebih deras sehingga butuh kemampuan khusus untuk melakukan diving.  (Highlight JAKARTA 3636, edisi 55 Agustus 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s