Beijing shopping guide


Berbelanja di Beijing butuh seni tersendiri. Perlu menguasai berbagai jurus jitu agar mendapatkan barang berkualitas dengan harga pantas. Sebenarnya, hampir sama dengan cara belanja di pasar tradisional di Indonesia. Apa saja yang mesti diperhatikan?

Bargaining

Belanja souvenir di Beijing, seperti di pasar Xiu Shui, harus pandai menawar. Pedagang di sana biasa menaikkan harga 40 %, bahkan ada yang meroket sampai 500 %. Jadi, Anda wajib tahu harga pasar untuk produk yang akan dibeli. Untuk mengetahui harga tersebut, Anda bisa bertanya dengan karyawan hotel tempat menginap atau pemandu wisata. Berapa pun harga yang disebutkan pedagang, katakan “cheaper”. Kata sakti ini ampuh untuk menurunkan harga. Setelah itu, tawar dengan harga rendah. Tunjukkan mimik tersenyum agar pedagang tak sewot bila harga Anda tak masuk hitungan. Jika belum ada kata sepakat, tinggalkan. Kalau Anda pergi dan dipanggil lagi, berarti harga penawaran hampir mencapai titik temu. Jika pedagang cuek, saatnya menaikkan harga tawar.

Fake goods

Hati-hati barang tiruan! Petuah ini bukan main-main. Cina terkenal sebagai raja duplikat. Semua barang tiruan ada di negeri ini. Di pasar Xiu Shui, Anda bisa mendapatkan barang-barang bermerek seperti Gucci, Prada, Adidas, Nike, Rolex, Bolivia, Tag heur, Jansport, dan lain-lain. Semua barang itu palsu! Jika Anda menginginkannya, pandai-pandailah menawar. Dan jangan percaya dengan bujuk rayu pedagang yang mengatakan barang dagangannya asli. Walau tiruan, barang tersebut nyaris sama dengan aslinya, termasuk logo dan disainnya. Jangan pernah mau membeli barang di pasar itu dengan harga seperti aslinya. Kalau mau mendapatkan barang original, lebih datang ke show room resminya.

Groceries

Untuk mendapatkan makanan, minuman, atau obat-obatan ada tiga tempat yang bisa menjadi acuan. Pertama, Jing Ke Long. Kebutuhan pokok seperti roti, susu, telor, soft drink, dagingm, shampo, dll dapat ditemukan di tempat ini. Super market ini juga menjadi pilihan orang Beijing karena barang-barangnya berkualitas dengan harga masuk akal. Kedua, CRC (China Resources Supermarket) Shop. Ada beberapa CRC Shop di Beijing. Di tempat ini, pilihan makanan dan minuman yang berasal dari Eropa lebih banyak. Barang-barang asing juga dijual di tempat tersebut. Harga memang lebih mahal dibanding Jing Ke Long. Jika di duat tempat itu, Anda belum mendapatkan barang yang diinginkan, datang saja ke Jenny Lou’s Shop. Selain makanan dan minuman berkelas, di tempat ini juga dijual alat-alat rumah tangga. Harga di toko tersebut masuk dalam kategori premium.  (Majalah Jakarta 3636 edisi 54, Juli 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s