The Best Family Car


Varian family car yang beredar di pasar cukup banyak. Untuk memilih mobil sesuai kebutuhan dan kondisi jalan di Indonesia, khususnya Jakarta, diperlukan berbagai pertimbangan. Paling tidak, mobil harus mempunyai tiga baris tempat duduk dengan ruang yang cukup lapang. Interior dan fitur entertainment memadai sehingga perjalanan terasa menyenangkan. Satu hal yang tak boleh dilupakan: mobil harus memiliki gengsi tersendiri. Berikut mobil yang layak Anda miliki!

Mercedes Benz Viano

Mobil keluaran Jerman ini layak menjadi pilihan keluarga modern. Ada dua varian, yaitu diesel 2.0 CDI (tenaga 116 hp) serta bensin 3.5 V6 (tenaga 258 hp). Akselerasi lembut. Nyaman untuk mobil keluarga. Apalagi disain mobil memesona dengan enam tempat duduk. Posisi jok kedua bisa diputar sehingga saling berhadapan dengan barisan belakang. Di antara tempat duduk, bisa ditaruh meja kecil. Setiap tempat duduk memiliki sandaran tangan dan bisa diatur tersendiri. Bila enam jok dirasa kurang, Anda pun bisa menambah hingga delapan. Bagi pengemudi, mobil mewah ini memberi kemudahan. Stir memiliki multi fungsi karena terdapat tombol untuk mengatur audio, melihat data perjalanan maupun mengecek kondisi mesin. Soal keamanan, Mercedes Benz adalah jaminan. Viano dilengkapi Electronic Stability Programme (ESP) dan Electronic Brake Force Distribution (EBV) yang menjamin keamanan kendaraan di berbagai medan jalan.

Toyota Alphard

Ada dua varian MPV mewah produksi Toyota ini, yaitu Alphard dan Vellfire. Alphard versi baru memiliki kabin lebih rendah (55 mm) namun tinggi interior bertambah 10 mm. Juga lebih panjang 75 mm dibanding versi lama. Kombinasi tersebut menghasilkan handling dan stabilitas jelajah yang lebih baik. Ada dua pilihan mesin, 2.4L (167 hp) dan 3.5L V6 (276 hp). Interior lebih menawan. Kursi baris kedua memakai Executive Power Seats yang memiliki footrest lebih besar, serta sandaran kepala dan tangan. Untuk menikmati perjalanan, audio mobil menggunakan Toyota Premium Sound System dengan 18 speaker sehingga menghasilkan suara jernih meski ukuran kabin Alphard tebilang bongsor. Versi Alphard terbaru ini juga lebih aerodinamis sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit. Bahkan versi 3.5L pun tetap lebih hemat bahan bakar hingga 7% dibanding versi lama yang hanya mengusung mesin 3.0L.

Nissan Elgrand

Generasi terbaru Nissan Elgrand memiliki dua varian mesin, 2.5L dan 3.5L V6 yang dikombinasikan dengan transmisi matik lima kecepatan. Fitur pun jauh lebih canggih. Pintu menggunakan remote control. Gril depan menggunakan chrome sehingga lebih sporty. Interior juga menawan. Selain delapan speaker, terdapat pula TV dan DVD player dengan layar 9 inch. Di dashboard depan terdapat monitor LCD 8 inch berisi Vehicle Information System (VIS). MPV bongsor ini nyaman untuk melakukan perjalanan jauh bersama keluarga. Manuver di berbagai tipe jalan dijaman aman. Sistem pengereman menggunakan ventilated disc brakes pada keempat rodanya sehingga pengereman mendadak tak akan mengunci roda kendaraan.

Mercedes Benz R-Class

Bosan jenis van, tak ada salahnya Anda memilih Grand Sports Tourer (GST) besutan Mercedes Benz. Kabin R-Class bongsor layaknya minivan. Juga memiliki enam tempat duduk (optional 7 seat) dengan ruang yang cukup lapang. Perjalanan jauh pun terasa menyenangkan. Ada dua varian, yaitu R350 Bluetec dan R350. Semua tipe all wheel drive dan memiliki transmisi matik tujuh kecepatan. R350 wagon menggunakan mesin 3.5L yang menghasilkan tenaga 268 hp, sedang R350 Bluetec bermesin 3.0L V6 dengan tenaga 210 hp. Perfoma mesin tak perlu diragukan. Anda serasa mengendarai kereta api ekpres dengan handling yang menakjubkan. Tentu lebih percaya diri menggunakan R-Class untuk turing jarak jauh dibanding minivan.  (Highligh Majalah JAKART 3636 edisi 54, Juli 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s