Getting the best deal


Mobil keluarga bukan sekedar alat transportasi untuk belanja atau liburan. Lebih dari itu, mobil keluarga harus bisa mencerminakan siapa sesungguhnya Anda. Mobil bongsor berpenampilan elegan pun menjadi primadona.

Memilih mobil keluarga dipengaruhi juga oleh faktor sosial budaya. Ikatan kekerabatan yang kuat menyebabkan orang Indonesia lebih suka memilih mobil berukuran besar agar bisa membawa banyak penumpang, di luar anak dan istri. Maka, jangan heran mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan segala varian, dari kelas menengah sampai premium menjadi incaran.

Hanya setahun setelah Toyota merilis MPV premium, Alphard, importir umum dan Toyota Astra Motor (TAM) sudah mendatangkan mobil mewah ini. Berbagai varian Alphard laris di pasar. Mobil sejenis seperti Nissan Elgrand , Honda Ellysion maupun VW Carravelle juga menjadi buruan.. Kini berbagai varian MPV premium meramaikan pasar otomotif Indonesia. Apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan?

Car Size

Ukuran kendaraan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Mengingat kultur dan ikatan kekerabatan yang masih kuat, lebih baik memilih mobil berukuran bongsor dengan tiga baris tempat duduk sehingga bisa mengangkut tujuh penumpang. Ingat kan iklan mobil keluarga tahun bahuela yang menekankan pentingnya membawa aak dan teteh, selain anak istri. Selain jumlah tempat duduk, perhatikan pula luas kabin, baik untuk penumpang maupun bagasi. Usahakan, mobil itu tetap memberikan kenyamanan bagi pengemudi serta penumpang. Juga bagasi yang cukup utuk membawa barang bawaan untuk liburan. Dan ingat, kursi barisan belakang harus bisa dilipat sehingga bisa digunakan sebagai bagasi jika kursi tersebut sedang tidak terpakai.

Safety Features

Fitur keamanan harus menjadi prioritas utama. Beberapa fitur yang harus diperhatikan adalah airbag (kantong udara). Pilih kendaraan yang memiliki airbag, baik di barisan depan maupun samping. Kantong udara itu akan menyelamatkan Anda saat mobil kena benturan dari depan atau samping. Lihat juga fitur Anto Lock Braking System (ABS). Sistem pengereman canggih ini sudah diterapkan di mobil-mobil premium. ABS akan memudahkan kendali setir saat Anda harus mengerem mendadak.

Mobil sebaiknya juga dilengkapi Electronic Stability Program (ESP) sehingga saat kendaraan “out of control” di tikungan tajam, ESP akan membantu mobil ke arah yang benar. Sedangkan untuk memudahkan saat parkir, mobil harus memiliki fitur Reverse Parking Sensors yang bisa memberi sinyal jika di belakang kendaraan ada sesuau. Lebih baik lagi jika dilengkapi Reverse Parking Camera yang memberi gambaran kondisi di belakang dan depan mobil.

Fitur keamanan yang paling fundamental adalah Seat Belt. Sabuk keselamatan harus ada pada tiap tempat duduk, bukan hanya di barisan depan. Fitur Child Lock, baik untuk pintu maupun jendela, wajib ada. Ini akan melindungi anak-anak agar tak membuka pintu atau jendela karena bisa membahayakan keselamatan.

Performance

Sebelum memutuskan membeli mobil, perhatikan perfoma mesin kendaraan. Mobil ukuran besar harus memiliki mesin andal sehingga nyaman untuk bermanufer di berbagai jalan. Siapkan mobil tersebut untuk melintasi medan naik turun sehingga tak menghalangi Anda jika ingin bepergian ke pegunungan. Untuk mengetahui perfoma mesin, simak baik-baik spesifikasi mesin seperti tenaga yang dihasilkan dan akselerasi kendaraan. Jangan lupa test drive sebelum menentukan pilihan.

Accessories & Entertainment

Mobil keluarga tak sekedar alat transportasi, tetapi juga sarana rekreasi. Artinya, Anda harus bisa menikmati perjalanan sebagai sebuah hiburan. Fitur hiburan harus tersedia dalam kendaraan. Bukan sekedar radio atau tape recorder. CD, VCD dan TV menjadi keharusan. Bila mungkin pasang juga mobile movie theater. Audio video mobil harus memiliki USB port sehingga dalam perjalanan Anda bisa mendengarkan lagu kesayangan. Lengkapi mobil dengan cooler box agar Anda bisa menikmati minuman kesukaan atau si kecil makan ice cream selama perjalanan.

Fitur lain yang saat ini sudah menjadi ‘keharusan’ adalah Global Positioning Service (GPS). Melalui alat yang terkoneksi ke satelit ini perjalanan Anda menjadi lebih efesien. Tak perlu tanya ke orang untuk mengetahui jalan ke lokasi tertentu. GPS juga memberi alternatif jalan yang lebih singkat sehingga bisa menghemat waktu dan bahan bakar. Fitur ini sudah menjadi fitur lumrah pada kendaraan, apalagi mobil premium.

Apabila sudah menentukan jenis mobil yang akan dibeli, tahap berikutnya adalah negosiasi dengan dealer. The best deal bisa didapat melalui berbagai cara, misalnya promosi dealer. Suatu saat dealer akan mengadakan program promosi untuk jenis kendaraan tertentu, bisa dalam bentuk diskon, kredit tanpa bunga maupun penambahan bonus. Jika mobil pilihan Anda masuk dalam program tersebut, tentu lebih menguntungkan.

Cara lain untuk mendapatkan deal terbaik adalah membeli saat dealer mengalami masa paceklik. Penjualan kendaraan biasanya menurun saat kebutuhan orang meningkat. Seperti menjelang tahun ajaran baru. Masa-masa seperti ini adalah waktu yang pas untuk membeli mobil. Sebaliknya, menjelang lebaran atau natal, permintaan kendaraan meningkat sehingga harga pun sulit ditawar. Jangan membeli, kecuali dalam keadaan terpaksa. Usahakan datang ke dealer pada akhir bulan, di mana saat itu dealer sedang diuber target penjualan. Jika target mereka belum tercapai, dealer rela melepas kendaraan dengan untung minimal.  (Highligh Majalah JAKARTA 3636 edisi 54, Juli 2010)

2 thoughts on “Getting the best deal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s