Statusphere


Suka atau tidak, sadar atau tidak, motif orang untuk membeli sesuatu dipengaruhi oleh kebutuhan akan pengakuan dan status. Kekuatan bawah sadar ini yang menyebabkan penjualan mobil mewah terus melambung, terutama di negara yang pertumbuhan kelas menengahnya sedang meningkat seperti China dan Indonesia. Menurut New York Time (29 April 2010), penjualan Mercedes Benz di Cina meningkat 112% (23.600 unit) pada kuartal pertama 2010, dan penjualan Rolls Royce meningkat 200%. Di Indonesia, launching Mercedes Benz AMG SLS (Gullwing) langsung diburu pembeli.

Kelas menengah, dan tentunya kelas di atasnya, masih menganggap mobil sebagai salah satu simbol status, statusphere. Mereka juga memburu mobil klasik untuk koleksi. Kolektor mobil paling menakjubkan adalah Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam. Dia masuk Guinness World Records karena memiliki 500 Rolls-Royces. Di era 90-an, keluarga Sultan membeli hampir setengah dari produksi Rolls-Royce setiap tahunnya.

Majalah otomotif Inggris, Autocar, tahun 1998 pernah memublikasikan foto-foto mobil koleksi Sultan, termasuk Ferrari dan Bentley yang telah dimodofikasi. Ada sekitar enam ribu mobil. Dana yang dihabiskan untuk membeli mobil itu sekitar Rp 36 triliun! Setahun sebelumnya, 26 Oktober 2007, harian Inggris Daily Mirror merilis koleksi mobil Sultan: 232 Mercedes-Benz, 224 Ferrari, 245 Bentley, 150 BMW, 165 Jaguar, 125 Porches, 130 Rolls-Royces, serta 20 Lamborghini. Sayang, tahun 2010 ini belum ada media yang membuat laporan terbaru koleksi mobil Sultan. Pastinya sudah bertambah. Salam dari Radio Dalam (Editor’s Note majalah Jakarta 3636 edisi 54, Juli 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s