Menghemat budget traveling


Mengunjungi tempat-tempat indah adalah impian setiap orang. Anda pasti ingin melihat dari dekat keindahan pantai di pulau Bali, kemolekan Grand Canyon atau menyaksikan Menara Eiffel. Sayang, bagi sebagian orang traveling adalah barang mewah. Maklum, biaya untuk mengunjungi tempat-tempat eksotik tidaklah murah. Kendati demikian, dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa menghemat anggaran traveling.

1. Saat off season

Mau bekunjung ke manapun, terutama tempat tujuan wisata seperti Bali, Singapura, Thailand atau Perancis, perhatikan peak season di wilayah tersebut. Saat libur sekolah atau akhir tahun biasanya musim paling padat sehingga harga tiket pesawat dan tarif hotel mahal. Usahakan bepergian pada off season sehingga Anda akan mendapatkan diskon tiket pesawat dan tarif hotel. Off season untuk masing-masing lokasi bisa berlainan, tergantung situasi dan kondisi di wilayah itu.

2. Menginap di Guest House

Jika Anda mempunyai link, sebaiknya memilih menginap di guest house daripada hotel berbintang. Di saat off season, ada sebagian guest house yang disewakan kepada publik. Sebuah tempat ibadah di pinggir Pantai Kuta, menyewakan kamar dengan harga sangat murah dibandingkan hotel berbintang yang terletak di sebelahnya. Tentu fasilitas yang didapat juga berlainan. Tetapi jika tak mempunyai akses ke guest house, Anda bisa menginap di motel atau hotel kelas menengah. Perhatikan juga kenyamanan tempat, apalagi jika Anda bepergian bersama anggota keluarga.

3. Bandingkan harga

Bandingkan paket tur yang ditawarkan ke Anda. Dengan tujuan yang sama, tarif bisa berlainan. Tergantunng pada jenis pesawat, tempat menginap dan fasilitas yang Anda dapatkan. Pastikan Anda memperoleh harga yang tepat untuk fasilitas yang bakal Anda peroleh.

4. Sewa mobil

Menyewa mobil melalui hotel memang praktis, namun harga yang ditawarkan relatif lebih mahal. Anda bisa menyewa kendaraan di luar hotel, baik melalui guide atau pergi sendiri ke tempat rent car. Pilih mobil sesuai kebutuhan dan anggaran.

5. Hemat di rumah

Selama traveling, Anda bisa menghemat pengeluaran di rumah. Jika Anda pergi lebih dari satu minggu, sebaiknya kulkas, AC dan lampu yang tak penting dimatikan. Nyalakan lampu seperlunya, misalnya di teras depan maupun belakang.

6. Pakai credit card

Jika Anda pergi ke luar negeri, jangan lupa bawa credit card. Pergunakan kartu tersebut untuk membeli atau membayar tarif yang relatif tinggi seperti pembayaran sewa hotel, pembelian tiket pesawat maupun pembelian benda-benda mahal. Dengan menggunakan credit card Anda terhindar dari pengurangan nilai mata uang karena adanya perbedaan kurs. Penggunaan kartu kredit ini bisa menghemat sekitar lima sampau tujuh persen. DH (Majalah 3636 Jakarta/jakartamagazine.com)

2 thoughts on “Menghemat budget traveling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s