Tips membawa makanan di dalam pesawat


Lamanya penerbangan bisa menimbulkan masalah dalam hal makanan. Entah makanan yang disajikan kurang menggugah selera, tidak enak atau justru Anda yang memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu sehingga tidak bisa menyantap makanan yang ada. Solusi terbaik adalah membawa makanan sendiri di atas pesawat.

Makanan yang disajikan oleh maskapai penerbangan dirancang untuk memenuhi selera seluruh penumpang sehingga ada kemungkinan Anda kurang menyukai menu yang ada. Apalagi, jika Anda melakukan penerbangan antarnegara yang memiliki makanan yang berlainan. Padahal, selama penerbangan Anda harus tetap menjaga kondisi fisik agar tetap prima sampai ke daerah tujuan. Agar bisa menyantap makanan enak sesuai selera, sebaiknya membawa makanan sendiri di atas pesawat. Tapi ingat, tak semua jenis makanan atau minuman bisa dibawa. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah:

1. Pilih makanan yang sesuai

Makanan yang akan dibawa harus sesuai kebutuhan. Jika penerbangan memerlukan waktu lama, selain membawa snack, jangan lupa menyiapkan makanan berkalori tinggi seperti keju, daging, telor, crackers serta sayur dan buah-buahan. Makanan harus siap santap, mudah dibungkus, serta gampang mengonsumsinya. Bungkus dengan bahan trasnparan sehingga memudahkan sekuriti bandara saat mengadakan pemeriksaan.

2. Dibekukan

Packing makanan dalam satu tas yang mudah dibuka sehingga memperlancar pemeriksaan di bandara. Makanan (ayam, keju, daging) dan buah-buahan sebaiknya disimpan di dalam freezer hingga beku. Makanan tersebut baru dikeluarkan dari freezer sesaat sebelum Anda berangkat ke bandara. Dalam kondisi beku, packing makanan menjadi mudah. Juga makanan bisa tahan lebih lama sehingga tetap lezat meski disantapa beberapa jam lagi.

3. Jangan bawa minuman

Pada umumnya bandara melarang Anda membawa minuman. Namun setelah pintu pemeriksaan, Anda bisa membeli minuman. Usahakan minum secukupnya untuk menghindari dehidrasi. Pilih jus (jika tersedia), air mineral, atau minuman bersoda tanpa kafein (kafein mempercepat dehidrasi). Untuk variasi, Anda bisa membawa minuman energi dalam bentuk sachet. Di atas pesawat Anda tinggal memasukkan ke dalam botol, mengocok dan meminumnya.

4. Bawa pembersih

Untuk menjaga kebersihan, baik tangan maupun muka, bawa sendiri tisu atau cairan pembersih tangan. Meski pesawat sudah menyediakan tisu, untuk penerbangan jauh, membawa perlengkapan sendiri lebih nyaman. Sebelum makan, bersihkan tangan dengan cairan pembersih untuk mengusir kuman. Tisu, selain untuk membersihkan tangan, juga berguna untuk membersihkan muka. Masukkan tisu dan cairan antiseptic ke dalam kotak khusus yang mudah dibuka. (Majalah 3636 JAKARTA edisi 53, Juni 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s