6 Tips for choosing furniture


Memilih furnitur membutuhkan seni tersendiri. Tak hanya memerhatikan aspek fungsional,namun harus pula mengindahkan keindahan, estetika serta mencerminkan gaya hidup dan kepribadian Anda. Agar mengakomodasi semua ‘kepentingan’ tadi, ikuti tips berikut ini.

1. Sesuaikan dengan desain

Sebelum menentukan jenis furnitur, tentukan lebih dulu gaya desain interior rumah Anda. Tentukan gaya yang sesuai dengan kebutuhan, kepribadian, serta selera Anda, apakah akan menggunakan desain minimalis, klasik atau green architecture. Setelah memilih tema desain, Anda baru bisa mulai memilih furnitur yang akan digunakan, baik dari sisi bahan maupun desainnya.

2. Pertimbangkan kebutuhan

Identifikasi lebih dulu apa kebutuhan Anda, apakah tinggal seorang diri, bersama istri dan anak atau dengan keluarga besar. Jumlah penghuni yang tinggal di rumah ikut menentukan jenis furnitur yang akan dipilih. Akomodir semua kebutuhan penghuni agar rumah benar-benar memberikan kenyamanan.

3. Perhatikan luas ruang

Ukur dengan seksama luas rumah Anda, jumlah ruang yang ada serta luas masing-masing ruang. Pengetahuan ini sangat penting untuk menentukan ukuran furnitur yang diperlukan. Usahakan furnitur bisa memenuhi kebutuhan namun tidak menghabiskan space sehingga mengganggu gerak penghuni rumah.

4. Pilih warna yang sesuai

Memilih warna furnitur tak bisa dilepaskan dengan konsep desain interior rumah secara menyeluruh. Warna sofa, meja makan, tempat tidur maupun aksesori harus sesuai dengan warna tembok sehingga desain tersebut menjadi sesuatu yang integral. Selaras dan enak dipandang.

5. Cocok dengan gaya hidup

Furnitur harus sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan agar tetap nyaman. Misalnya, cara Anda menaruh gelas ke meja agak keras maka jangan memilih meja yang bagian atasnya terbuat dari kaca. Pilih meja dari kayu sehingga Anda tak perlu mengubah kebiasaan.

6. Sesuikan dengan budget

Furnitur yang diinginkan harus sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Banyak hal yang bisa diselaraskan untuk menemukan titik temu antara keinginan dengan budget. Bila budget terbatas, Anda bisa memesan furnitur menggunakan bahan yang lebih terjangkau. Atau mengubah desain tanpa menghilangkan jiwa dan kepribadian Anda. Kompromikan antara keinginan dan budget yang ada. (Majalah 3636 JAKARTA edisi 51, April 2010)

2 thoughts on “6 Tips for choosing furniture

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s