Belajar geografi dengan GPS


Teknologi Global Positioning System (GPS) yang banyak diaplikasikan di ponsel dan mobil bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak. Mari, ajari anak mengenal geografi dengan cara yang menyenangkan.

Belajar peta dengan atlas tak menarik lagi. Menjemukan!. Untuk menarik minat anak-anak agar mau belajar geografi pakailah teknologi GPS. Global Positioning System (GPS) merupakan suatu teknologi pemantau posisi di bumi yang memanfaatkan satelit. Teknologi ini sebenarnya sudah lama dikenal, tetapi belum populer karena penggunannya terbatas.

Dalam film-film detektif, seperti James Bond, GPS sudah dipakai untuk mendeteksi keberadaan lawan. Teknologi yang dulu ‘canggih’ dan mahal itu kini telah membumi. Ponsel low class saja sudah dilengkapi fitur ini. Juga mobil-mobil dengan harga di bawah Rp 200 juta juga memiliki fitur bawaan GPS. Kalau pun belum ada fitur ini, GPS bisa ditebus dengan harga di bawah dua juta rupiah.

Dengan teknologi GPS Anda bisa mengajari anak mengenal lokasi serta cara menuju ke suatu tempat. Hal pertama yang harus diajarkan adalah bagaimana menghidupkan aplikasi ini. Misalnya GPS ini ada di ponsel, bagaimana membuka fitur GPS. Beri tahu bagaimana membuka dan menyalakan aplikasi GPS.

Setelah itu tunjukkan fungsi masing-masing fitur yang ada pada GPS. Misalnya menu my location, get direction, view route, dan lain-lain. Jika anak sudah paham masing-masing menu, mulailah dengan praktik. Untuk tahap awal, mintalah anak mencari lokasi di dekat rumah dan bagaimana rute menuju ke tempat itu.

Tahap berikutnya, anak bisa dilatih menjadi navigator saat Anda bepergian. Sebelum sampai di persimpangan, tanyakan pada anak jalan menuju ke lokasi, apakah berbelok ke kanan atau ke kiri. Semakin sering dilatih, semakin cepat dia mengenal arah serta peta. Pengetahuan ini akan bermanfaat seandainya anak pergi sendirian. Dia cepat mengenal jalan dan rute yang harus dilalui.

Selain untuk mencari alamat dan tempat tertentu, GPS juga bisa dipakai untuk mengetahui koordinat suatu lokasi. Anak bisa tahu dia sedang berada di berapa derajat lintang utara dan berapa derajat lintang selatan. Pendeknya, anak bisa belajar geografi dengan cara menyenangkan. (Majalah 3636 edisi 51, Maret 2010)

2 thoughts on “Belajar geografi dengan GPS

  1. nah ini yang sedang saya cari GPS juga bisa dipakai untuk mengetahui koordinat suatu lokasi.yang kan saya gunakan untuk menandai patok tanah dan pojok pojok dari tanah saya supaya tidak bergeser ,harganya berapa ya ma ,saran untuk GPS yang spesipikasinya dikhususkan untuk pemetaan perkebunan atau tanah apa ya ,dan harga berapa kira kira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s