Smarthpone terbaru dan canggih


Apple iPad : Antara laptop dan smartphone

Produk baru keluaran Apple diklaim lebih baik dari laptop mapun smartphone. Sebagian besar aplikasi yang dibenamkan pada iPad tak jauh beda dengan iPhone, meskipun ada beberapa penambahan. Layar lebar berukuran 9,7 inchi LED dengan resolusi 1024×768 pixel. Apple menawarkan enam varian iPad dengan harga mulai US$ 499 sampai US$ 829. Harga tergantung pada memori yang tersedia (16 GB, 32 GB, dan 64 GB) serta model koneksi (Wi-Fi atau Wi-Fi dan 3G GSM). Ukurannya mungil, panjang 24,8 cm, lebar 18,97 cm dan tebal 1,34 cm. Beratnya hanya 0,68 kg (Wi-Fi model) dan 0,73 kg (Wi-Fi dan 3G model). Ringan dan simpel untuk ditenteng kemana-mana. Segera masuk ke Indonesia kok.

HTC HD2 : Kaya konektifitas

Ponsel yang baru saja dilansir HTC ini menggunakan sistem operasi Windows Mobile 6.5. HD2 memiliki fitur baru berupa user interface HTC Sense pada layar sentuh berukuran 4,3 inchi WVGA (480×800). Kinerja ponsel super cepat karena dukungan prosesor 1GHz Snapdragon CPU dengan kapasitas RAM sebesar 448 MB, 512 MB ROM. Keunggulan ponsel canggih ini adalah penggunaan quad-band GSM dan dual band UMTS dengan HSDPA 7,2 Mbps dan 2 Mbps HSUPA. Tersedia pula Wi-Fi, GPS (A-GPS Support), Bluetooth serta slot USB. Kamera yang ada berkapasitas 5 megapixel. Baterai tahan lama. Untuk bicara  bisa sampai 6 jam 20 menit (jaringan 2G) dan 5 jam 40 menit (3G). Harga sekitar tujuh juta rupiah.

BlackBerry Tour2 (Essex): Ganti trackpad

BlackBerry kembali meluncurkan ponsel baru Tour 9650 atau dikenal dengan sebutan Tour2 dan Essex untuk pasar Eropa dan Amerika. Seri ini merupakan penyempurnaan dari versi pertama. Fitur hampir sama dengan Tour 9630 seperti kamera 3,2 megapixel, GPS (Global Positioning System), Wi-Fi serta dukungan 3G dan CDMA. Perbedaan menyolok terletak pada trackball. Essex mengganti trackball dengan trackpad sehingga pengoperasian menu menjadi lebih mudah. Trackball diganti karena konon komponen ini yang paling ringkih dan mudah rusak. Kapan masuk pasar Indonesia? Tunggu saja karena operator seluler kemungkinan sedang mengadakan negosiasi dengan RIM.

Samsung Galaxy 2: Lebih powerful

Galaxy adalah smarthpone pertama Samsung yang menggunakan sistem operasi Android. Kini generasi kedua Galaxy segera hadir dengan penambahan berbagai fitur sehingga lebih powerful dibanding seri pendahulunya.  Galaxy 2 dilengkapi dengan prosesor Snapdargon 1 Ghz dan layar Amoled 3,7 inchi. Untuk mempercepat koneksi, ponsel ini didukung jaringan Wi-Fi, UMTS dan HSDPA. Sedangkan untuk multimedia, Galaxy 2 mengusung tema musik dengan dukungan 3,5 mm headset jack dan 32 GB internal memori sehingga bisa menyimpan ribuan lagu. Kamera pada Galaxy 2 berkapasitas 5 megapixel. Seperti ponsel pintar saat ini, galaxy 2 juga memiliki fitur Global Positioning System (GPS).

Sharp SH6230C: Ramah lingkungan

Setelah sukses di Jepang, Sharp meluncurkan ponsel tenaga solar untuk pasar China. Di negara asalnya, ponsel tenaga surya mendapat sambutan hangat karena ramah lingkungan. Untuk menarik minat, ponsel tersebut juga dilengkapi dengan teknologi canggih yang dikembangkan Jepang seperti modul Solar Cell, display LCD sebesar 2,9 inchi dan kamera autofocus 5 megapixel. Sharp SH6230C hadir dengan warna biru dan putih. Ponsel ini menjadi ponsel solar pertama Sharp yang diproduksi untuk market yang lebih luas. Mengenai harga ponsel, Sharp belum mau membeberkan ke publik. Untuk menembus pasar Indonesia, sepertinya butuh waktu cukup lama.

Garmin-Asus nuvifone G60: Lacak lawan bicara

Banyak yang menyebut G60 sebagai GPS phone ketimbang PDA phone. Bentuknya besar (11,2×5,8×1,5 cm) dengan layar lebar (3 inchi). Dilengkapi pula dengan dudukan untuk menaruh Garmin-Asus di dasbor kendaraan. Layar enak untuk melihat peta. Aplikasi GPS yang disokong Garmin sangat cerdas. Bisa memandu arah menggunakan suara. Semua fitur yang umumnya ada pada GPS, dibenamkan pada ponsel ini. Malah, ada aplikasi yang bisa dikoneksikan dengan koordinat lokasi sehingga Anda bisa melacak lokasi orang yang ada dalam daftar contact, saat ber-SMS, bertelepon atau chatting. Bisa mencegah pasangan berbohong. Memori internal 2GB dan bisa ditambah dengan MicroSD. (Majalah 3636 JAKARTA edisi 50, Maret 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s