Mobil sports pilihan


Mercedes-Benz SLS AMG: Gullwing rakitan tangan

Sedan supersport yang diluncurkan akhir Maret ini penuh sensasi. Harga yang dibandrol Mercy sekitar Rp 4,7 miliar off the road. Tetapi sensasi yang ditawarkan bukan hanya soal harga. Perfoma dan penampilan SLS AMG sungguh memesona. Jika pintu mobil dibuka bentuknya mirip dengan sayap burung camar saat terbang (gullwing). Semua komponen kendaraan dari rangka, sel bodi sampai mesin dibuat dengan alumunium dan dirakit dengan tangan di pabrik Mercy terbesar, Sindelfingen. Mesin berkapasitas 6,3 liter V8 yang menghasilkan tenaga 551 PS dan torsi 650 Nm. Untuk mencapai kecepatan 0-100 kpj hanya diperlukan waktu 3,8 detik. Namun untuk menjaga keselamatan pengemudi, mobil dilengkapi pembatas kecepatan elektronik dengan top speed hanya 317 kpj.

Tesla Roadster: Open top

Tesla Roadster bukan mobil sport biasa. Perfoma mobil elektrik berkapasitas dua penumpang ini memesona. Mesin 375 volt AC induction air-cooled bisa menghasilkan tenaga 288 horsepower pada putaran 14.000 rpm. Hanya butuh waktu 3,9 detik untuk mencapai kecepatan 0-60 mph (0-97 km/j). Kecepatan maksimum 201 km/jam. Jika baterai di-charge penuh (hanya butuh waktu tiga jam), Roadster bisa menempuh jarak hingga 244 mil (393 km). Dua kali lebih efesien dibanding Prius. Malah, Roadtser yang dipamerkan di Global Green Challenge di Austrila bisa menempuh jarak 501 km. Perusahaan otomotif yang berpusat di San Carlos, California, AS ini mulai memroduksi mobil setir kanan untuk pasar Inggris. Di AS, Tesla Roadster dijual mulai harga US$ 101.500.

Lamborghini Murcielago LP 670-4 SuperVeloce: Super cepat

Mobil sport terbaru Lamborghini ini lebih cepat, powerful dan lebih ringan dibanding pendahulunya Murcielago LP 640. Penggunaan alumunium ringan dan carbon fiber mengurangi bobot kendaraan sampai 100 kg. Mesin kendaraan juga dibuat dengan alumunium. Blok mesin dipasang dengan kemiringan ideal, 60 derajat. Perfoma mesin berkapasitas 6,5 liter V12 juga memukau. Akselerasinya mantap. Hanya perlu 3,2 detik untuk mencapai akselerasi 0-100 km/h. Kecepatan bisa digeber hingga 342 km/h. Lamborghini limited edition ini hanya diproduksi 350 unit. Beberapa kolektor mobil mewah Indonesia sudah memesannya melalui dealer resmi Lamborghini di Jalan Simatupang 18 Jakarta, telepon 021-75911000. (Majalah 3636 Jakarta edisi 51, Maret 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s