Aman traveling sendirian


Tak ada pantangan bagi wanita untuk traveling seorang diri. Pergi sendirian, siapa pun dia, memang memiliki beberapa resiko. Tetapi, jika Anda tahu tipsnya, resiko itu bisa dihindari atau diminimalisir.

Hal paling penting yang harus Anda ingat adalah bawalah foto copy identitas, seperti KTP atau passport, ke dalam tas tangan. Copy identitas ini akan menjadi juru selamat jika dompet Anda hilang atau dicopet orang. Jurus lain untuk mengurangi resiko kecopetan adalah menaruh sebagian uang di balik bra. Jika dompet lenyap berikut kartu ATM dan credit card, Anda masih bisa mencari taxi untuk melapor ke polisi dengan uang ‘siluman’ itu.

Untuk memudahkan serta menghemat waktu saat ber-make up, taruh anting-anting di tempat lipstick yang memiliki cermin kecil. Letakkan di tempat yang memudahkan Anda untuk mengambilnya. Jaga barang berharga itu jangan sampai lenyap dari tempatnya.

Tampil seksi boleh, tetapi bukan saat traveling sendirian. Karena itu hindari memakai baju yang menonjolkan keindahan tubuh. Termasuk warna, logo dan aksesori lain yang bisa menimbulkan kesan sensual. Lebih baik mengenakan celana jeans dan sweater. Praktis dan aman.

Pelajari juga adat dan budaya setempat agar tak menimbulkan problem. Di beberapa daerah atau negara tertentu, wanita tak boleh memakai celana pendek dan tank top di area publik. Juga tak boleh mengenakan pakaian sejenis saat memasuki tempat ibadah yang dijadikan tujuan wisata. Patuhi aturan-aturan itu!

Jika ingin menyewa mobil untuk keperluan traveling, datangi perusahaan rent car yang bonafide. Harga memang lebih mahal, tetapi keamanan Anda lebih terjamin. Pilih mobil kecil berikut sopirnya. Simpan peta lokasi tujuan sehingga Anda mengetahui posisinya saat berkelana. Usahakan mobil yang disewa tidak memiliki stiker besar yang menunjukkan mobil tersebut sewaan agar Anda tidak ketahuaan seorang turis. Pastikan kepada perusahaan penyewaan kendaraan sebelum Anda tiba di daerah tersebut.

Meski menginap di hotel berbintang, Anda pun perlu menjaga keamanan. Hindari memilih kamar di lantai utama. Meski mudah keluar masuk, namun juga memuluskan jalan bagi bagi orang lain yang punya maksud tak baik. Jika ada orang yang mengawasi atau mengikuti Anda, segera lapor ke security hotel. Biar aman saat tidur malam, nyalakan televisi atau CD untuk memberi kesan Anda masih berjaga sehingga mencegah orang lain yang ingin menganggu Anda. (Majalah 3636 edisi 49, Febreauri 2010)

3 thoughts on “Aman traveling sendirian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s