Notebook dan netbook terbaru


Zyrex SKY 1812: Cantik luar dalam

Boleh dibilang Zyrex Sky 1812 ini adalah adik dari Sky 2712. Sama-sama tipis, ringan dan gaya. Ketebalan Sky 1812 hanya 2,5 cm dengan berat 1,06 kg. Desain cantik dengan kombinasi warna putih dan merah marum. Hanya kinerja 1812 lebih ciamik dibanding adiknya. Netbook ini sudah menggunakan prosesor Inter Atom N280 yang memiliki kecepatan 1,66 GHz (kebanyakan netbook memakai Inte Atom N270). Dibantu memori DDR2-800 1GB dan hardisk SATA 120GB kinerja netbook ini ciamik. Hanya sayangnya VGA Out mesti menggunakan konektor khusus. Juga USB port yang tersedia hanya dua dan terletak di belakang. Harga Sky 1812 sekitar Rp 4,5 juta.

BenQ Joybook Lite U121 Eco: Go green

Kata Eco di belakang nama baru netbook keluaran BenQ ini mengacu pada produk ramah lingkungan. Isu lingkungan menjadi kelebihan Joybook Lite U121 Eco ini. Baterai enam sel bisa tahan hingga delapan jam. Padahal pengisian hanya memerlukan waktu satu jam untuk mencapai kapasitas 80%. Guna menghemat energi, netbook ini memakai CPU Atom seri Z530 (kinerjanya mirip N270) yang memiliki TDP (thermal design power) hanya 2 watt, lebih hemat 0,5 watt dibanding N270. Akibatnya, U121 Eco lebih irit daya dan tak gampang panas. Material netbook ramah lingkungan karena 75% komponen mekanik bisa didaur ulang. Harga netbook ramah lingkungan ini memang di atas rata-rata, sekitar US$ 630.

MSI EX300x: Tahan lama

Fitur nyaris sama dengan seri sebelumnya EX300 seperti slot HDMI, fingerprint reader, webcam 2 Mpix, slot Express Card, WiFi dan Bluetooth, serta kartu grafis ATI Radeon HD3450 (DDR3 256MB). Kualitas suara juga oke dari Dolby. Desain casing juga mengadopsi Magnesium Alloy. Perbedaan terletak pada prosesor. Notebook baru ini malah menggunakan Inte Core 2 Duo P7350 berkecapatan 1,583GHz (seri EX300 menggunakan Inter ore 2 Duo P8400). Penurunan kualitas prosesor diimbangi dengan perbaikan bateri. Daya tahan bateri lebih lama dibanding sebelumnya karena mampu menyala selama dua jam. Kelebihan lain adalah sistem operasi yang Free DOS sehingga Anda bisa memilih sesuai selera. Yang jelas Notebook ini asyik untuk bermain game dan hiburan lain.

Gigabyte Booktop M1022: Two in one

Disebut two in one karena piranti ini berfungsi ganda, bisa sebagai netbook sekaligus PC desktop. Makanya dipilih nama Booktop, paduan dari kata notebook dan desktop. Dalam kondisi standar, Booktop adalah netbook biasa. Namun Gigabyte juga menyediakan docking berisi port VGA, Ethernet, dan USB. Jika Booktop diletakkan ke docking lalu dihubungkan dengan keyboard, monitor dan mouse maka piranti ini berubah fungsi menjadi PC desktop. Kinerja Booktop lumayan bagus karena sudah didukung Intel Atom N280. Fitur menarik lainnya adalah modem HSDPA internal Huawei 3G yang sudah terpasang di balik baterai. Memudahkan Anda untuk online sepanjang hari. (Majalah 3636 edisi 48, Januari 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s