Mobil baru di tahun baru


Mazda 2: Banyak pilihan

Bagi Anda penggemar hatchback, Mazda memberi alternatif dengan meluncurkan Mazda2. Dilihat dari bentuknya, mobil sporty ini mengadopsi RX-8. Bentuk fender depan dan desain kap mesin hampir sama. Dari sisi interior, nuansa sporty terlihat jelas dari kabin kendaraan. Mobil bermesin MZR 1,5 liter segaris empat silinder dan DOHC 16 valve ini memiliki fitur keamanan yang mumpuni. Ada anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dan Mazda Advanced Impact Distribution and Absorption (MAIDAS). Harga cukup bersaing. Tipe termurah S hanya Rp 175 juta, sedang tipe paling mahal R otomatis dibandrol Rp 200 juta on the road. Ada sembilan warna pilihan yaitu highlight silver metalic, spirited green metalic, passion orange mica, true red, cool white, black mica, ausora blue metalic, metropolitan grey mica, dan icy blue metallic.

Chevrolet Cruze: Super aman

Mobil keluaran GM ini akan segera masuk Indonesia. Di negeri asalnya, Cruze dibekali mesin 1.4 L Turbocharged Ecotec 4 silinder dan 1.8 L dengan 4 silinder. Tenaga maksimum untuk kendaraan bermesin 1.4 L mencapai 138 PS dengan torsi 148 lb-ft. Sedang untuk mesin 1.8 L tenaganya justru lebih kecil, yaitu 136 PS dengan torsi 123 lb-ft. Tampilan luar Cruze berbeda dengan sedan Amerika pada umumnya yang terkesan kaku. Cruze tampil elegan seperti sedan mewah Eropa. Yang menarik dari mobil ini, selain fitur keamanan standard, Cruze dilengkapi dengan sepuluh airbag. Kantung udara ini akan menyelamatkan jiwa penumpang di depan maupun di belakang. Bahkan, tersedia airbag untuk melindungi dengkul. Aman, nyaman dan elegan. Soal harga, GM belum memberikan sinyal apapun.

Lexus GX 460: Mewah dan bertenaga

Luxury utility vehicle (LUV) ini sebenarnya generasi kedua dari GX470. Namun, Lexus mengklaim GX460 lebih bertenaga, lebih efesien, lebih tenang serta lebih mewah. Mesin berkapsitas 4.8L V8 (sebelumnya 4.7L) yang menghasilkan tenaga 301 HP dengan torsi puncak 329 lb-ft. Lebih nyaman karena Anda tak perlu menyentuh tuas transmisi yang bersistem otomatis 6 kecepatan yang ditambah sequential shift. Lebih efesien karena konsumsi bahan bakar di rute kombinasi (dalam kota dan tol) 1 liter bisa menempuh 7,22 km (Lebih irit 13% disbanding GX470). Desain interior mobil berpenumpang 7 orang ini lebih mewah. Kursi baris kedua bisa maju mundur sampai 4,1 inci dan sandaran bisa direbahkanhampir rata. Selain nyaman, juga memberi kemudahan akses ke kursi barisan belakang. Lexus belum menentukan harga jual untuk mobil yang akan masuk Indonesia pada 2010 ini.

Xenia-Avanza Matik: Lebih nyaman

inilah.comBagi Anda yang tinggal di Jakarta dan kota macet lainnya, kehadiran Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 1.300 matic menawarkan kenyamanan saat berkendara. Kaki kiri bisa istirahat, sementara tangan kiri tak perlu banyak gerak untuk memindah tuas transmisi. Tentunya, mobil ini sangat membantu kaum perempuan. Juga mengurangi rasa capai saat mengemudi di tengah padatnya lalu lintas. Kedua mobil matic ini dijual dengan harga kompetitif. Daihatsu Xenia matic yang paling standard dibandrol Rp 139,7 juta (on the road Jakarta). Meski pelek masih plat, tapi sudah dilengkapi GPS. Sedang harga Toyota Avanza 1.3 G matic adalah Rp 156.550.000. (Majalah 3636 edisi 48, Januari 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s