Traveling with pets


Meninggalkan hewan kesayangan saat traveling kadang merisaukan. Resah karena khawatir anjing atau kucing kita tidak mendapatkan perlakukan yang semestinya. Padahal, jika mereka kita ajak traveling, hewan kesayangan itu bisa menjadi teman yang menyenangkan. Tak ada salahnya kok mengajak hewan piaraan saat traveling. Dengan catatan, kala itu kita mengendarai mobil sendiri.

Sebelum menempuh perjalan, sebaiknya hewan diberi makan lebih sedikit dari biasanya. Cukup sepertiga dari jatah normal. Setibanya di tempat tujuan, berikan makanan seusai takarannya. Tujuan pemberian makanan lebih sedikit ini untuk menjaga keseimbangan badan saat traveling. Jangan sampai kucing atau anjing mual dan muntah di kendaraan. Bikin repot kan?

Jika cuaca selama perjalanan cukup panas (atau malah panas), gunakan pendingin udara. Pastikan sirkulasi AC mobil merata sehingga hewan itu ikut pula merasakan sejuknya udara. Gunakan sabuk pengaman untuk melindungi hewan atau masukkan mereka ke dalam kandang yang aman. Jangan taruh hewan di bak belakang kendaraan (pick up atau truck).

Jendela kendaraan sebaiknya ditutup agar kepala hewan tak nongol keluar. Aksi seperti ini membayakan mereka juga pengendara lain. Jika jarak tempuh cukup jauh, sebaiknya berhenti setiap tiga jam sekali untuk memberi waktu bagi hewan beristirahat dan merenggangkan otot-otot yang kaku. Juga untuk memberinya minum sesuai kebutuhan. Toh, kita juga perlu istirhat entah untuk makan atau sekedar meluruskan pinggang.

Saat berada di rest area, perhatikan hewan kita. Jangan biarkan mereka bermain sendirian tanpa pengawasan. Bisa-bisa mereka hilang di daerah yang tak dikenal. Atau bisa pula berantem dengan hewan lain. Jangan tinggalkan hewan di mobil sendirian. Apalagi saat cuaca panas atau dingin. Suhu mobil saat di parkir cepat berubah sehingga dapat menyiksa binatang.

Selain itu meninggalkan hewan di mobil seorang diri juga menimbulkan hasrat orang untuk mencuri. Jika kita ingin meninggalkan kendaraan untuk jangka waktu lumayan lama dan tak ingin membawa hewan kesayangan, sebaiknya hubungi penitipan hewan di daerah tersebut. Lebih aman meninggalkan mereka ke penitipan daripada beresiko kehilangan.

Satu hal lagi yang mesti diingat, ada berapa hewan lain (anjing, kucing, dll) di tempat tujuan kita. Jangan sampai hewan kesayangan kita nantinya berantem dengan binatang lain karena tidak adanya kecocokan di antara mereka. Pastikan hewan kita aman di daerah tujuan. (Majalah 3636 edisi 48, Januari 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s