Traveling dengan kereta api


Traveling tak harus menggunakan pesawat atau mobil pribadi. Naik kereta api bisa menjadi salah satu alternatif. Selain mengurangai rasa capai, kereta api juga menawarkan sensasi tersendiri. Lebih romantis. Dan yang pasti, tak mungkin menyetir sendiri!

Perjalanan dengan kereta api tentu berbeda dengan menggunakan mobil sendiri. Ada beberapa hal yang mesti Anda siapkan agar perjalanan makin menyenangkan. Soal waktu, sebaiknya memilih siang hari agar Anda bisa menikmati indahnya panorama alam di jalur yang Anda lintasi. Perjalanan malam hari akan menghilangkan kesempatan langka tersebut.

Tak seperti mobil, kereta api tak bisa berhenti di sembarang tempat. Kalau pun berhenti, Anda belum tentu punya kesempatan untuk turun dan mengambil uang cash di ATM. Sebaiknya, siapkan uang yang cukup (plus uang ekstra) selama perjalanan. Terutama untuk membeli makanan di resto yang ada.

Walau ada resto, pilihan menu yang disedikan belum tentu sesuai selera. Terutama untuk snack dan soft drink. Tak ada salahnya Anda membawa snack dan minuman favorit keluarga. Juga buah kesukaan. Perjalanan yang lama membutuhkan aneka macam snack untuk mengusir kejenuhan.

Hal penting lain yang sering terlupakan adalah urusan toilet. Persedian tisu di kereta api umumnya terbatas. Sebaiknya Anda membawa tisu, sabun muka serta sikat gigi. Bekal ini menjadi sangat penting manakala kereta kehabisan persediaan. Masak Anda harus menahan pipis hanya karena tak punya tisu.

Urusan penting lainnya adalah soal tidur. Tidur di atas kereta tentu tak senyaman tidur di hotel berbintang. Memang tempat duduk kereta kelas eksekutif sudah cukup nyaman dengan tambahan bantal. Tetapi jika bantal yang ada kurang nyman di kepala, tak ada salahnya Anda membawa bantal sendiri. Tidur nyaman tak akan menimbulkan pegal-pegal di kemudian hari.

Guna mengusir penat dan pegal selama perjalanan, selain tidur yang nyaman, juga gunakan waktu senggang untuk berolah raga ringan. Saat kereta berhenti di stasiun, sempatkan untuk menggerakkan kepala, kaki dan tangan. Gerakan-gerakan kecil bisa menghilangkan pegal akibat terlalu lama duduk. (Majalah 3636 edisi 47, Desember 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s