Mobil gress dan canggih


VW Golf Mk VI: Secanggih mobil balap

Apa kehebatan mobil ini sehingga VW berani mematok harga Rp 575 juta? Well, soal bodi memang nyaris sama dengan mobil kompak lain. Tapi teknologi dan image yang ditawarkan jauh berbeda. Dengan mesin 2000 cc turbocanger, Golf generasi keenam ini mampu menghasilkan tenaga 210 PS @ 5.300-6.200 rpm, sedangkan torsi maksimum 280 Nm @ 1.750-5.200 rpm. Yang perlu dicatat, tenaga dan torsi besar bisa diperoleh pada rentang lebar sehingga nyaman untuk bersantai dan mantap untuk digeber. VW mengklaim kecepatan masksimal 238 km/jam. Wow! Fitur teknologi di mobil ini juga memesona. Ada Adaptive Chassis Control untuk meredam damper sesuai selera. Ada tiga pilihan: Comfort, Normal dan Sport. Ada pula XDS, pengembangan dari Electronic Differential Lock untuk mencegah slip. Agar pengereman mendadak aman, VW mencangkok teknologi ABS yang dikombinasikan dengan Electronic Brake Distribution Force serta Hydraulic Brake Force Brake Assist.

Mazda New CX-7:Lebih elegan

Eksterior dan interior CX-7 versi terbaru ini berbeda dengan versi sebelumnya. Grill bumper depan berbentuk trapesium lima titik dengan ukuran lebih besar. Grill juga dilapisi krom. Bumper belakang dilengkapi reflektor baru. Interior juga mengalami perubahan pada desain dasbor, panel instrument, panel tengah, door trim dan beberapa perubahan lain. SUV sporty ini menggunakan  mesin 2,3 liter dengan sistem injeksi langsung plus turbochanger yang mampu menghasilkan tenaga 238 PS @ 5.000 rpm dan momen punter 350 NM @ 2.500 rpm. Sayangnya New CX-7 tak lagi menggunakan sistem penggerak 4 X 4, tetapi 4 X 2 sehingga harganya lebih miring. Tupe R dibandrol Rp 520 juta, sedangkan tipe GT dipatok Rp 580 juta.

Mitsubishi Crossover: Gabungan MPV dan SUV

Crossover kompak yang akan diluncurkan Februari 2010 untuk pasar Jepang ini merupakan pengembangan dari Concept-cX yang pernah dipajang di Frankfurt Motor Show 2007. Kendaraan yang mengombinasikan MPV dan SUV dengan sedikit sentuhan off road ini diklaim Mitsubishi sebagai mobil ramah lingkungan. Menurut informasi yang beredar, mesin mobil berkapasitas 1.800 cc diesel dengan tenaga maksimum  134 dk dan torsi 280 Nm. Transmisi mengusung Twin-Clutch SST yang dipakai juga untuk Mitsubishi Evo X. Sistem gerak roda all wheel drive. Produksi untuk pasar global akan dilakukan setelah launching di pasar domestik. Jadi, sabar saja menunggu kehadiran crossover ciamik ini. (Majalah 3636 edisi 47, Desember 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s