Travel tips: Aman bawa laptop


Incaran maling
Incaran maling

Walau sedang menikmati indahnya alam, Anda tak bakal bisa melupakan pekerjaan. Wajar, jika Anda harus membawa notebook saat traveling, baik untuk menjalin komunikasi maupun memantau bisnis.

Untuk saat ini, pisah dengan laptop dan handphone rasanya sungguh sulit. Bahkan saat traveling pun, laptop sudah menjadi bagian tak terpisahkan. Dengan notebook ini Anda bisa berbagi informasi dengan rekan-rekan, baik meng-upload foto ke situs jejaring sosial, chatting, membuka email atau bahkan memantau dan menyelesaikan pekerjaan. Membawa notebook saat melancong bukan berarti tanpa resiko. Benda elektronik ini rentan dengan benturan dan mudah rusak. Coba ikuti tips berikut agar laptop tak mengalami gangguan saat ditenteng dari satu tempat ke tempat lain.

1. Sebagai barang berharga yang mudah dijual, notebook menjadi incaran pencuri. Untuk menghindari pencurian, jangan masukkan notebook ke dalam tas laptop. Simpanlah di dalam tas ransel atau tempat lain yang tidak menimbulkan kecurigaan. Pastikan laptop aman dari benturan sehingga tak rusak jika harus masuk ke bagasi.

2. Lengkapi laptop dengan anti virus terbaru. Notebook mudah terserang virus di tempat-tempat umum seperti hotel, café dan bandara yang belum dilengkapi dengan sandi khusus pada jaringan internetnya. Hati-hati dalam menggunakan Wi-Fi, jangan sampai Anda menjadi korban hacker yang ingin mengacaukan notebook Anda.

3. Saat keluar hotel, jangan biarkan laptop tergeletak di kamar. Selain beresiko hilang, bisa pula data-data penting dicuri. Pastikan hard disk sudah di-back up sehingga Anda tak kehilangan data jika terjadi sesuatu pada notebook. Jika terpaksa meninggalkan laptop di kamar, simpan di tempat aman serta matikan piranti ini.

4. Pakailah laptop pada saat dan tempat yang tepat. Jangan gunakan notebook di daerah rawan pemerasan. Cari tempat aman, di hotel atau tempat lain, untuk mengeluarkan dan menggunakan notebook.

5. Pastikan Anda membawa charger laptop. Ga lucu kan kalau charger tertinggal sehingga notebook tak ada gunanya lagi. Jika perlu, bawalah baterai cadangan. Jangan lupa pula membawa piranti lain yang sering Anda gunakan seperti flash disk, modem 3G, kabel data atau card reader sehingga aktivitas tetap lancar.

6. Lengkapi laptop dengan password. Kata sandi ini akan menyelamatkan notebook dari tangan jahil yang ingin melihat atau membongkar isi laptop Anda. Pastikan Anda mengingat password tersebut sehingga tak menimbulkan masalah. (Majalah 3636 edisi 46, November 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s