Notebook & netbook terbaru


Acer Aspire Timeline 4810T-944G50Mn: Tipis dan tahan lama

acer timelineSeri terbaru keluaran Acer ini tetap mengandalkan pada tiga kelebihan, yaitu tipis, ringan dan daya tahan baterai lama. Kelebihan lain, terutama dibandingkan seri sebelumnya Timeline versi 13 inchi, adalah keberadaan DVD Writer internal. Notebook setipis ini (tebal hanya 3 cm) umumnya tak memiliki perangkat optik internal. Walau memiliki DVD Writer, berat laptop hanya 2 kg. Yang membuat notebook ini tipis adalah penggunaan prosesor Intel Core 2 Duo U9400 yang termasuk prosesor CULV (Consumer Ultra Low Voltage) serta pendingin Laminar Wall Jet Technology yang selama ini dipakai pada mesin pesawat. Soal harga pun lebih murah dibanding laptop sejenis, sekitar US$ 1099.

Lenovo ThinkPad X200:  Konservatif tapi tangguh

Lenovo ThinkPad X200Bagi yang tak suka laptop warna-warni, pilih saja Lenovo ThinPad X200. Bentuknya konsevatif, persegi empat dengan sudut lancip dan berwarna hitam doff. Kelebihan laptop ini adalah tangguh dan tahan guncang karena hard disk dilindungi system APS (Active Protection System). Antara panel LCD dan casing dipasang rool cage dari serat karbon monocoque untuk pelindung saat notebook jatuh. Fitur sudah lengkap terdiri dari sebuah slot ExpressCard, switch nirkabel (wireless radio), tiga port USB, port LAN, port VGA-out, lubang Security Lock, jack RJ-11, jack mikropon, jack headphone, dan slot kartu memori SD/MMC. Bila masih kurang, bisa ditambah docking station, X200 UltraBase (opsional). Harga berkisar US$ 1599.

Telebit QZ1001:  Bonus DVD drive

Telebit QZ1001Netbook ini berbeda dengan yang lain. Dalam paket penjualannya dilengkapi dengan eksternal DVD. Fungsi DVD drive ini untuk memasang OS atau software yang diinginkan. Maklum, netbook ini belum memiliki sistem operasi sehingga harus memasang sendiri sesuai keinginan. DVD drive ini bisa juga dipakai untuk mem-back up data atau burning. DVD eksternal tersebut memberi kenyamanan tersendiri karena bisa dipasang atau dilepas sesuai kebutuhan. Sayang, daya tahan baterai hanya berkisar 1 jam 40 menit. Telebit QZ1001 sudah dilengkapi dengan LAN, Wi-Fi 802.11 a/b/g, Bluetooth, card reader, 3 USB, kamera Web 1,3MP, port VGA, jack mike, jack headhone, dan speaker.

Nokia Booklet 3G:  Koneksi cepat

nokia netbookNetbook keluaran Nokia ini baru dilempar ke pasar Eropa Oktober lalu. Kelebihan netbook tersebut terletak pada masa pakai baterai yang tahan hingga 12 jam (terlama untuk ukuran netbook). Beratnya hanya 1,25 kg. dengan tebal sekitar 2 cm. Keunggulan lain adalah pemakaian 3G/HSPA sehingga koneksi ke internet makin ngacir. Prosesor yang dipakai Inter Atom dan sistem operasi yang digunakan Microsoft Windows 7. Kapan ya masuk ke pasar tanah air?

(Majalah 3636 edisi 46, November 2009)

One thought on “Notebook & netbook terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s