Jangan sunat hak orang lain


Jumat siang itu (9 Oktober 2009) Dewa membeli kalung infra red yang konon diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit mematikan semacam tekanan darah tinggi dll. Meski ragu dengan kalung tersebut, tetapi atas permintaan kerabat, Dewa pun membeli kalung itu. “Mudah-mudah beliau sehat berkat sugesti kalung ini,” pikir Dewa dalam hati.

Sesampainya di rumah, anak sulung Dewa terpikat dengan kalung yang berbentuk bulat bagai manik-manik itu. Karena kalung itu bisa dipisah menjadi dua yaitu kalung dan gelang, maka si sulung pun meminta gelangnya. “Eyang kasih aja kalungnya. Gelangnya untuk aku,” rengek si sulung.

Dewa tak berdaya dan mengabulkan permintaan si sulung. Malam itu gelang sudah menjadi milik si sulung dan menempel di tangan kanannya. Sepanjang Sabtu siang, gelang tak pernah lepas dari tangannya. Sabtu sore, Dewa mengirim kalung infra red itu melalui jasa titipan kilat. Gelang tak bisa dikirim karena sudah dikuasai si sulung.

Minggu pagi si sulung pamit pergi. Bareng temen-temennya dia ingin ke pasar kaget. Hanya beberapa saat setelah meninggalkan rumah, si sulung menelepon, “Pak, gelangnya hilang. Dengan santai Dewa menjawab, “Ya udah, pulang aja ke rumah.”

Sampai di rumah, si sulung diam di depan TV. Dia merasa bersalah dan takut dimarahi karena harga gelang itu tidaklah murah. Tapi Dewa hanya bertanya, “Kamu tahu kenapa gelang itu hilang?”

“Tidak,” jawab si sulung. “Kamu tahu, Bapak beli kalung itu untuk eyang, bukan kamu. Kalau sekarang hilang ya wajar karena itu bukan hakmu. Kamu sudah mengurangi hak eyang kan?”

“Iya ya. Bapak beli bukan untuk aku,” ujarnya sambil manggut-manggut. “Allah itu adil, Mas,” ujar adiknya. Mereka bertiga pun tertawa dan berjanji tak akan merampas atau mengurangi hak orang lain lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s