Antisipasi perbedaan iklim


kutubSalah satu hal yang mesti Anda perhatikan sebelum traveling adalah cuaca dan iklim di daerah tujuan. Bila Anda akan mengunjungi beberapa tempat dengan iklim yang berbeda, siapkan segalanya dengan baik agar perjalanan tetap menyenangkan.

Sebagian besar orang menyepelekan faktor cuaca dan iklim di daerah tujuan wisata sehingga terkejut manakala iklim tak bersahabat. Bukan kepuasan ang didapat tapi malah kekecewaan. Agar Anda tak mengalami hal seperti ini, sebaiknya lakukan perencanaan, riset dan persiapan yang baik agar traveling Anda begitu memesona.

Tentukan tujuan

Tetapkan daerah yang akan Anda kunjungi. Hanya di satu tempat atau beberapa tempat di negara yang sama. Atau malah ke berbagai tempat di negara yang berbeda-beda. Pemilihan tempat wisata akan menentukan apa dan bagaimana persiapan yang harus Anda lakukan.

Riset iklim

Setelah menemukan daerah tujuan wisata, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai iklim dan cuaca di daerah itu. Bagiamana iklim daerah itu dalam setahun, juga kondisi cuaca saat Anda akan mengunjungi tempat tersebut. Di beberapa tempat, kondisi iklim bisa diprediksi. Misalnya, di Trinidad musim hujan terjadi antara Juni sampai Desember. Atau di Irlandia hampir terjadi hujan sepanjang tahun. Hanya, di pantai barat hujannya lebih kenceng. Teliti juga kondisi cuaca saat Anda berangkat ke daerah itu. Siapa tahu ada perubahaan cuaca secara mendadak.

Siapkan perlengkapan

Setelah mengetahui iklim dan cuaca di daerah tujuan, siapkan perlengakan sesuai kondisi. Jika musim hujan, bawalah payung, baju hangat (idealnya wool sweater) dan jas hujan/mantel. Bila musim salju, Anda harus membawa sarung tangan, sweater, topi, scarf, dan jaket salju sesuai suhu yang ada. Mengunjugi daerah bermusim panas lebih praktis. Selain baju berbahan tipis dan mudah menyerap keringat, jangan lupa membawa kaca mata gelap, topi, sapu tangan/handuk kecil, serta krim pelindung kulit dari sengatan matahari. Krim ini, walau sepele, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi jika kulit Anda sensitif dengan cuaca panas. Andai Anda mengunjungi daerah yang memiliki iklim kontras, misal di pegunungan dan pantai, maka bekal baju yang dibawa harus banyak. Di samping baju hangat untuk hawa dingin pegunungan, Anda pun harus menyiapkan kaos casual untuk berkelana di panasnya pantai.

Lindungi peralatan

Tentu Anda membawa peralatan elektronik saat traveling seperti ponsel, kamera, camcorder atau laptop. Pastikan alat-alat tersebut tetap berfungsi dengan baik selama traveling sehingga momen indah tak terlewatkan. Jika Anda mengunjungi daerah dingin (hujan atau salju), lindungi peralatan elektronik agar tak terkena air. Siapkan alat khusus untuk melindungi barang-barang berharga ini.

Patuhi adat setempat

Sesuaikan pakaian dengan budaya dan adat lokal. Meski berhawa panas, kadang Anda harus berpakaian tertutup untuk memasuki area tertentu. Misalnya saat Anda mengunjungi Timur Tengah atau Bali. Di Bali, untuk masuk ke tempat-tempat suci Anda harus mengenakan celana panjang atau kain penutup tak peduli saat itu musim panas. Di Timur Tengah pun, Anda harus menutup aurat untuk berkelana. Biar perjalanan nyaman, ikuti saja adat setempat. (Majalah 3636 edisi 43, Agustus 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s