KOC: Nikmatnya Kebersamaan


Freekick edisi 45, September 2009
Freekick edisi 45, September 2009

Bermula dari keinginan saling membantu dan menjalin persahabatan terbentuklah Katana Owner Club (KOC). Ruh kebersamaan itu melahirkan komunitas yang memiliki loyalitas tinggi, fleksibel dan hubungan akrab antarmember. Mereka juga peduli dengan sesama.

Wujud kepedulian dengan kaum papa dilakukan KOC melalui berbagai kegiatan seperti donor darah, bakti sosial, serta ikut dalam SAR banjir. Di bulan puasa ini, bersama klub otomotif lainnya, KOC menggelar buka bersama dan saur on the road. “Kita melibatkan klub lain untuk membina hubungan baik dengan mereka,” ujar Desianto FW, sesepuh KOC. Menurutnya, kegiatan KOC umumnya tidak dilakukan sendiri.

Untuk kegiatan rutin yang berhubungan dengan dunia otomotif KOC memang menjalankan sendiri. Mereka rutin mengadakan pertemuan untuk membahas berbagai persoalan dalam merawat atau memodifikasi Suzuki Jimny/Katana. ”Partisipannya sekitar 10-15 mobil,” tambah Dadang Rustandi, Ketua KOC. Kadang mereka juga mengunjungi industri yang berhubungan dengan otomotif. Misalnya mendatangi pabrik ban Bridgestone atau Dunlop.

Pembahasan mengenai Katana juga dilakukan melalui sarana lain seperti Facebook, Messanger dan milis. ”Milis merupakan sarana utama. Website untuk sementara belum ada,” lanjut Desianto. Milis berperan penting karena member KOC tersebar di berbagai wilayah mulai dari Aceh hingga Ternate. “Ada juga member kita yang di Guang Zhou karena bekerja di sana,” tambahnya. Walau anggota berada di berbagai daerah, cabang KOC baru berdiri di tiga kota yaitu Semarang, Surabaya dan Bandung.

Menurut Desianto semua orang yang berminat pada Suzuki Jimny/Katana boleh menjadi member. ”Bahkan mereka yang tidak atau belum memiliki boleh bergabung,” katanya. Ada dua kenggotan KOC. Pertama adalah anggota milis. Mereka langsung menjadi anggota setelah mendaftar di milis dan bisa segera mengikuti aktifitas. Kedua adalah keanggotan klub permanen. Untuk menjadi anggota klub, mereka harus mengisi form regristasi dan membayar iuran.

Keuntungan menjadi anggota permanen adalah memperoleh potongan harga saat berbelanja suku cadang di tempat yang menjalin kerja sama dengan KOC. “Anggota permanen juga berhak mengenakan atribut resmi KOC,” lanjut Desianto. Kewajiban utama anggota permanen adalah menjaga nama baik KOC dalam setiap kegiatan dan tindakan, terutama dalam kaitan dengan tertib lalu-lintas. KOC yang resmi didirikan pada 3 Desember 2005 ini memiliki 1100 anggota milis. Sedangkan, member yang aktif mengadakan pertemuan langsung sekitar 80 orang.

Jika Anda pemilik atau pecinta Katana, bergabunglah bersama mereka. Bahas dan diskusikan semua hal yang berhubungan dengan jip mungil ini. Mobil terawat, teman pun bertambah banyak. Lokasi tempat tinggal tak menjadi masalah karena komunkasi sesama member bisa dilakukan melalui berbagai sarana. (Freekick edisi 45,  September 2009)

17 thoughts on “KOC: Nikmatnya Kebersamaan

  1. sejak smp saya dah kepingin punya katana,,.baru skrg keturutan..tlg bagi info dong kantor KOC sby? aku pgn pny byk teman ,pgn jd member,tp kerjaannku g ada waktu utk ikut touring,baksos dll..,bolehkah cm beli kaos ,ato jaket ato sticker KOC surabaya?..tlg info ke email ke saya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s