Religious player


Pesepakbola juga manusia. Punya agama dan keyakinan. Di sela-sela latihan atau bermain, mereka butuh berdoa atau bersyukur. Namun, tidak semua pemain mau memamerkan sifat religiusnya kepada publik. Hanya segelintir pemain yang suka berdoa di tengah lapangan.

1. Kaka – AC Milan

kaka-jesusSejak usia 12 tahun, pemain asal Brasil ini sudah terlihat religius. Tatkala menikah, dia mengaku masih perjaka, sesuatu yang jarang terjadi pada bintang bertabur uang seperti dirinya. Di lapangan hijau, Kaka tak segan-segan menunjukkan keimanannya dengan memakai T-shirt bertuliskan ”I belong to Jesus.” T-shirt itu dipakai saat AC Milan merebut scudetto 2004 serta Liga Champions 2007. Saat raih scudetto, di bagian depan sepatu terdapat tulisan ”God is faithful.”

2. Fredi Kanoute – Sevilla

kanoutepalestinePemain Perancis kelahiran Mali ini mulai menjalankan syariat Islam sejak usia 20 tahun. Musim 2006, dia menolak kostum tandang Sevilla karena ada logo sponsor perusahaan taruhan (888.com). Dia mau memakai kostum itu setelah perusahaan berjanji akan memberikan bantuan amal kepada kaum muslim. Kanoute kembali membuat sensasi saat Sevilla menang 2-1 atas Deportivo La Coruna (7 Januari 2009) di ajang Copa Del Ray. Setelah mencetak gol, dia membuka kostum dan terlihat tulisan yang memberi dukungan kepada Palestina yang sedang dimombardir Israel. Dia didenda tiga ribu Euro karena peraturan di Spanyol melarang memperlihatkan simbol agama dan politik di lapangan.

3. Franck Bilal Ribery – Bayern Munchen

ribery-allahRibery menjadi muslim sejak menikah dengan Wahiba Behalmi, wanita Perancis keturunan Aljazair. Meski tak memelihara janggut, Ribery tetap terlihat sebagai muslim yang taat. Saat memasuki lapangan, pemain kelahiran 7 April 1983 ini selalu menengadahkan tangan ke atas sambil berdoa. Begitu juga ketika pertandingan akan dimulai. Hal yang sama dilakukan pula saat dia menjebloskan bola ke gawang lawan.

4. Marvin Andrew – former Rangers

marvin andrewsPemain asal Trinidad & Tobago ini penganut setia agama kristen. Dia sangat mempercayai pengobatan alternatif melalui gereja pantekosta. Musim pertama membela Rangers (2004-05), pemain kelahiran San Juan, 2 desember 1975 itu mengalami cedera lutut (ligament). Menurut perkiraan tim medis, dia mesti ngaso selama beberapa bulan. Namun pekan berikutnya Andrew nekat merumput. Katanya, Tuhan telah membuatnya fit. Keputusan Andrew mencemaskan tim medis dan fans. Akibat kenekatannya itu dia cedera serius sehingga tak bisa membela timnas Trinidad di Piala Dunia 2006. Walau taat beribadat, tahun 2006 dia sempat digosipkan sebagai seorang homo.

5. Lucio – Bayern Munchen

lucio-jesusBek asal Brasil ini terkenal religius. Baik saat membela timnas Brasil, Bayer Leverkusen, maupun Bayern Munchen dia selalu mengenakan T-shirt bertuliskan pujian kepada Jesus, seperti misalnya “Jesus Loves You” dibalik kostumnya. Menurut kelahiran 8 Mei 1978 ini hanya Jesus yang bisa membuatnya bahagia dan damai. Sebagai pesepakbola profesional, dia yakin hanya ada satu jalan menuju kedamaian, yaitu Jesus. Oleh karena itu, menjelang dan sesudah pertandingan dia selalu berdoa. (freekick edisi 39, Maret 2009)

2 thoughts on “Religious player

  1. Poor Ribery! you are such a hypocrite!!! How u dare to have sex with prostitutes Zahia while u r a married man ? oh oh..world is full of hypocrisy…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s