Tips menyewa kendaraan


Pilih sesuai kebutuhanBila paket wisata tak memberi kepuasan Anda untuk berpetualang, cobalah mengelana sendiri dengan mobil rental. Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk menyewa kendaraan, apakah Anda ingin menyetir sendiri atau ingin duduk manis seperti bos besar yang tinggal memerintah. Apapun pilihannya, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

Pilih sesuai kebutuhan.

Pastikan mobil bisa menampung Anda dan rombongan (jika ada). Bila berdua, bisa pilih mobil ukuran kecil. Sesuaikan juga dengan medan yang akan ditempuh. Jika jalanan tak mulus, pilih mobil MPV yang bisa bermanuver di segala medan. Jenis dan ukuran mobil akan menentukan harga sewa kendaraan.

Bandingkan harga

Cek harga sewa kendaraan melalui website atau hotel tempat Anda menginap. Bandingkan juga syarat dan ketentuan yang mereka terapkan. Tanyakan apakah harga itu sudah termasuk asuransi atau belum. Usahakan menyewa mobil yang dilindungi asuransi. Pastikan Anda mendapatkan kendaaraan bagus dengan harga pantas.

Tentukan waktu sewa

Masing-masing perusahaan menerapkan standar yang berbeda-beda untuk rental satu hari. Ada yang menghitung untuk waktu 10 jam, 12 jam atau 24 jam untuk setiap harinya. Sesuaikan waktu dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda.

Periksa kendaraan

Sebelum menerima kendaraan, periksa kondisi fisik mobil dan isi tangki bahan bakar. Ini penting. Jangan sampai Anda diklaim telah merusak body kendaraan atau kerusakan lain sehingga harus mengganti dengan sejumlah uang. Isi bahan bakar wajib dicek karena saat mengembalikan mobil, isi harus sama dengan saat Anda terima. Jangan salah mengisi bahan bakar. Periksa apakah mobil memakai bahan bakar bensin atau solar.

Jangan lupa SIM dan peta

Jika ingin menyetir sendiri, pastikan Anda memiliki SIM yang masih aktif. Untuk mengemudi di luar negeri, harus punya SIM internasional. Taati rambu-rambu lalu lintas yang ada agar perjalanan tak terganggu dengan hal-hal yang tak perlu Pastikan peta ada di mobil agar Anda tak tersesat di daerah baru. Namun untuk kenyamanan dan keamanan, lebih baik Anda memakai jasa sopir dari tempat rental. Anda bisa istirahat sambil menikmati indahnya pemandangan. (Majalah 3636 edisi 42, Juli 2009)

4 thoughts on “Tips menyewa kendaraan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s