Smartphone pilihan


Nokia Seri E Untuk menandingi kehadiran BlackBerry dan iPhone
Nokia Seri E Untuk menandingi kehadiran BlackBerry dan iPhone

BLACKBERRY STORM
Berbeda dengan seri sebelumnya yang mengandalkan QWERTY keyboard, BlackBerry Storm sudah memakai virtual keyboard SureType yang disempurnakan dengan SurePress. Sehingga ketika Anda menyentuh touch screen, seolah-olah Anda memencet tombol nyata karena di balik layar LCD dilengkapi dengan suspensi. Kemampuan musik dan video lebih baik dari seri sebelumnya. Bisa memutar film dan synchronise dengan iTunes library. Ponsel 3G ini didukung Bluetooth 2.0 dan GPS serta kamera 3,2 megapixel. Gampang juga dipakai untuk bekerja karena BlackBery Storm dilengkapi dengan BlackBerry Enterprise Server (BES) untuk push email. Kelemahan smartphone ini tidak dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi. Harga sekitar tujuh juta rupiah.

iPhone 3G
Apple mengklaim ponsel pintar keluaran mereka ini merupakan kombinasi tiga produk, yaitu telepon revolusioner, iPod layar lebar serta browsing internet berkecepatan tinggi. Smartphone ini dilengkapi pula fasilitas GPS untuk mengetahui keberadaan sesuatu. Fitur MMS forward dan cut-copy-paste yang semula tidak ada pada iPhone seri sebelumnya, bisa ditemukan di iPhone 3G ini. Malah, Apple melengkapi fitur copy paste dengan shake control untuk membatalkan (undo) perintah copy paste. Setidaknya ada 100 fitur anyar yang ada pada ponsel ini. Anda pun bisa mengunduh aplikasi baru melalui situs apple.com. Menurut Apple, ponsel tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan pebisnis. Semua orang, bahkan anak-anak, bisa memakai ponsel pintar ini karena dilengkapi dengan berbagai fitur entertain. Harga sekitar sembilan juta rupiah.

NOKIA E75
Untuk menyaingi kehadiran BlackBerry dan iPhone, Nokia mengusung E75. Desain mirip Communicator 9300i, namun lebih kecil dan stylish. Ukurannya hanya 111,8 x 50/80 x 14,4 mm dan berat 139 gram. Memiliki dua keypad, yaitu keypad numerik (seperti ponsel biasa) dan keyboard QWERTY sehingga memudahkan untuk telepon dan mengetik. Layar memiliki 16 juta warna. Dijamin warna seindah aslinya. Untuk bekerja disedikan fitur Quickoffice yang bisa dipakai untuk membuat, melihat dan mengedit dokumen Power Point, Word dan Excel. Konektivitas lengkap mulai dari GPRS, EDGE, HSDPA, WLAN/Wi-Fi, Bluetooth, kabel data, serta PC Sync. Memori internal 50 MB, sedang memori eksternal hingga 16 GB. Harga sekitar tujuh juta rupiah.

ASUS P552W
Di ponsel seri terbaru ini Asus mengandalkan layar sentuh yang dilengkapi fitur Glide yaitu fitur yang bisa mengoperasionalkan menu ponsel hanya dengan sekali sentuh. Asus P552W didukung sistem operasi Windows Mobile 6.1. Untuk menyelesaikan tugas kantor, ada fitur Word, Excel, dan OneNote Mobile, baik membuat dokumen baru atau mengedit. Untuk ClearVue PDF dan Power Point hanya bisa untuk melihat saja. Koneksi internet memadai karena sudah didukung 3G/HSDPA. Ada fitur Wi-Fi juga. Sayangnya, kualitas layar dan kamera tidak sebagus dua seri Asus sebelumnya. Kedalaman warna hanya 65 ribu dengan resolusi 240 x 320 pixel. Kapasitas kamera hanya 2 megapixel. Harga sekitar lima juta rupiah.

HTC TOUCH 3G
Melalui PDA terbarunya ini vendor asal Taiwan HTC ingin membuktikan kalau PDA tak harus berbody bongsor. Dimensi Touch 3G hanya 102 x 53,5 x 14,5 mm dengan berat 96 gram. Desain stylish dan sporty. Walau kecil, koneksi ke internet tetap ngacir karena sudah mampu menjelajah lewat jalur 3G, bahkan HSDPA. Konektivitas lain yang tersedia adalah GPRS, EDGE WLAN/Wi-Fi, Bluetooth, Kabel Data PC Sync. Fitur kamera cukup mumpuni dengan 3,2 Mpix, tetapi kelengkapan fitur kamera hanya standar. Untuk bekerja dapat mengandalkan fitur MS Office 2007. Sayang, aplikasi Power Point tidak bisa untuk membuat atau mengedit. Hanya bisa membuka saja. Harga sekitar enam juta rupiah.

SONY ERICSSON XPERIA X1
Ponsel pintar ini berbentuk sliding bar dengan dimensi 110 x 53 x 17 mm dan berat 158 gram. Didukung sistem operasi Windows Mobile dan prosesor Qualcomm 7200A 528MHz memudahkan Anda untuk membuka file-file yang berkaitan dengan pekerjaan kantor. Koneksi ke internet dijamin cepat karena sudah menggunakan teknologi 3.5 G. Untuk koneksi ke piranti lain tersedia USB mini, Bluetooth dan Wi-Fi. Juga tersedia fasilitas GPS yang bisa diandalkan. Kualitas layar oke dengan 800 x 480 pixel, 65 ribu warna. Kamera juga mumpuni dengan 3,3 Mpix. Walau pemain baru di jagad smartphone, tawaran Sony Ericsson ini bisa menjadi pertimbangan. Sayang, harganya cukup tinggi, sekitar sembilan juta rupiah. (3636 edisi 40, Mei 2009)

2 thoughts on “Smartphone pilihan

    1. Gemini sekitar Rp 3,1 jt, yang bold Rp 5,4. Gemini diprediksi bakal cepat jatuh. Bold sekennya masih bertahan mahal tuh. Salam kenal juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s