Jersey Collector


Demi menjaga hubungan baik dengan istri atau pacar, kolektor kostum sepakbola rela menyembunyikan jersey kesayangannya di kantor.


Mereka –penggila kostum sepakbola– kadang memang tak rasional. Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan kostum langka. Bahkan, Louis Utama, moderator di http://jersey.forumotion.com, rela begadang hingga subuh agar bisa memenangi lelang jersey di situs lelang ebay.

Menurut Louis, kolektor kostum sepakbola di Indonesia cukup banyak. Tercatat ada 435 member yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan ada beberapa WNI yang tinggal di Singapura, Malaysia, Belanda dan AS menjadi member komunitas ini. “Komunitas kami awalnya dari TKBB (thread kolektor baju bola) sekitar tahun 2003. Makin hari makin banyak sehingga akhirnya kami meluncurkan forum sendiri pada 1 Mei 2008,” jelas dosen Fakultas Ekonomi Univeritas Tarumanegara itu.

Louis dkk menganggap perlu forum tersendiri karena mereka butuh berbagai informasi tentang jersey kesayangannya, baik cara mendapatkannya, termasuk jersey langka, serta cara merawatnya. Melalui forum ini mereka bukan hanya belajar membedakan jersey original atau bukan. Lebih dari itu, mereka berbagai informasi mengenai segal hal tentang kostum.

Pria kelahiran 16 Juli 1978 itu mengatakan dengan menjadi member, orang bisa membedakan empat jenis kostum. Pertama, baju kw yaitu baju yang biasa dijual dengan harga murah dan menyerupai baju replika (biasanya dari Thailand atau Cina). Kedua, baju replika, yaitu baju yang dijual di counter resmi seperti Nike, Adidas dll yang ditujukan untuk fans. Ketiga, baju player spec yaitu baju yang tidak dijual secara bebas, namun dapat diperoleh di forum tertentu. Kostum ini khusus disiapkan bagi pemain untuk bertanding. Keempat, lanjutnya, “Baju match worn yaitu baju yang benar-benar dipakai pemain saat bertanding.”

Baju tipe ketiga dan keempat inilah yang menjadi buruan utama mereka. Dan dari waktu ke waktu, jersey langka yang menjadi incaran juga berubah, tergantung situasi dan nilai historisnya. “Dulu baju maroon Arsenal saat terakhir dipakai di Stadion Highbury sempat didiskon sampai Rp225 ribu. Kini harganya bisa empat kali lipat,” tambah pria yang punya hobi traveling itu. Untuk saat ini, jersey away Marseille menjadi buruan utama. Walau prestasi klub itu tak mencorong, tapi kostumnya sudah habis terjual. ”Desainnya indah dengan warna biru elegan dan motif diamond,” lanjut Louis. Kostum mana lagi yang akan menjadi buruan orang?

Sulit menjawabnya. Tergantung situasi, histori serta jumlah produksinya. Melalui forum inilah mereka berbagi informasi mengenai aneka macam jersey. Karena hanya sebuah forum, siapa saja bisa menjadi member. Cukup dengan regristasi melalui website. Syarat utamanya: dilarang mengejek klub lain. Boleh saja membanggakan jersey klub kesayangannya, asal tidak menghina tim lain. Dan satu lagi: tidak boleh membicaran hal-hal yang berbau SARA. Wah, jadi ingat jaman orde baru. (DH)

Website : http://jersey.forumotion.com

Admin : Andi, Oscar

Moderator : Louis Utama, Agung Sukmono, Ukki, Angga

Satpam Pasar : Willy, Agus Tjahyadi, Besar Hadibriono.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s