TeRuCi: Community Based Marketing


Khawatir akan bosan atau kehabisan bahan saat membicarakan Toyota Rush atau Daihatsu Terios, anggota TeRuCI mulai membangun jaringan bisnis. Melalui dunia usaha, komunitas ini menjadi lebih solid dan interaksi sesama member pun lebih bergairah.

Sama seperti komunitas lainnya, TeRuCI pun bermula dari interaksi melalui milis dari sesama pemakai mobil Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Dari dunia maya, hubungan berlanjut ke temu muka. Walau pada awal copy darat hanya enam member yang bertemu, namun semangat membentuk klub tetap berkobar. Saat menyaksikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2007, sepuluh anggota milis menggagas dibentuknya klub untuk menampung dan mengoordinir kegiatan mereka. “Penandatanganan AD/ART TeRuCI dilakukan di Autoline, Kedoya, Jakarta Barat pada 8 September 2007,” kata Mochamad ‘Ciput’ Putawidjaja, Kumendan (sebutan klub untuk ketua umum) TeRuCI.

Berdirinya komunitas ini mendapat sambutan hangat pemilik Terios dan Rush di seluruh Indonesia. Hingga Januari 2009, tercatat 334 Premium Member (PM) yang tersebar di 38 kota di 16 propinsi. “Dari Lhokseumawe, Jabodetabek, Bandung, Cilegon, Temanggung, Kebumen, Bali, Pulau Laut (Kalsel), Batu Hijau (Sumbawa Barat, NTB), Sorowako (Sulsel), Bitung hingga Tembagapura (Papua),” tambah Ciput. Selain anggota PM, ada juga 1137 anggota forum dan 670 anggota milis. Selain di Jakarta, TeRuCI juga memiliki chapter di Bandung, Bekasi, Tangerang serta Bali.

Menurut Ciput, hanya anggota Premium Member yang memiliki hak ekslusif seperti mendapat diskon dari pihak ketiga yang sudah menjalin kerjasama dengan klub, mengikuti kegiatan-kegiatan klub, memakai atribut TeRuCI serta melakukan aktifitas bisnis dengan sesama anggota PM. Aktifitas bisnis di komunitas ini agak menonjol karena sebagian anggota memang pengusaha. Ada pengusaha komponen, asesoris, ban, bengkel, restoran, dan lain-lainnya. Dan dari historisnya, pendiri klub ini bukanlah mereka yang ahli otak-atik mesin mobil. “Waktu awal berdiri kita hanya memiliki pengurus delapan orang dan hampir semuanya tak paham tentang mesin,” ujar Ciput sambil tertawa.

Dia pun menambahkan, ”Bosan kalau hanya bicara soal mobil melulu, lama kelamaan topik akan habis. Selain untuk menggairahkan member dalam berinteraksi dengan sesama member, juga untuk membangun kebutuhan akan soliditas di dalam komunitas, community based marketing.” Dari transaksi sesama member, klub pun memperoleh keuntungan karena sebagian laba disisihkan untuk kas TeRuCI. ”Besarannya tidak diatur, hanya berdasarkan asas sukarela dari anggota. Yang diatur hanyalah produk-produknya,” jelas Ciput.

Kendati demikian bukan berarti mereka tak peduli dengan kendaraan kesayangannya. “Kita juga kerap mengadakan coaching clinic dengan mendatangkan nara sumber khusus,” tambahnya. Selain itu, mereka pun bersedia menjadi mediator antara member dan dealer jika mereka mendapatkan masalah dengan mobilnya. Nah, jika Anda pemilik Terios atau Rush segera bergabung dengan Premium Member. Syaratnya gampang kok. Yang pasti wajib memiliki kendaraan tersebut, lalu membayar iuran sebesar seratus lima puluh ribu rupiah, yang dibayar satu kali saat pendaftaran saja. DH

=================================================================


TeRuCI

Sekretariat:

1. Alamat Surat: Jl. Bongo Raya Blok F No. 7, Kelapa Gading BCS, Jakarta 14240 Telp. 9632 4800

2. Operasional: Jl. K No. 2A, RT 4/3, Cipinang Muara, Jakarta 13420 Telp. 9632 5000 Email:

teruci.club@gmail.com

Forum:

forum.teruci.org

Milis:

teruci@yahoogroups.com

Website:

http://www.teruci.org atau http://www.teriosrush.net

Susunan pengurus:

Kumendan: Mochamad Putawidjaja aka Ciput (TeRuCI-0003)

Wakil Kumendan 1: Cahyo Wiratmoko Wibowo aka Cahyo (TeRuCI-0004)

Wakil Kumendan 2: Herman aka Cesan (TeRuCI-0005)

Sekretaris Umum: Jaksa Utama (TeRuCI-0006)

Wakil Sekretaris I: Yeppy Sumarno (TeRuCI-0007)

Wakil Sekretaris II: David Suhandi aka kirigaze (TeRuCI-0015)

Bendahara: Oni Budipramono (TeRuCI-0020)

Wakil Bendahara: Setio Purwanto aka kalengkrupux (TeRuCI-0034)

Divisi Humas: Berlianto Airlangga (TeRuCI-0008)

Divisi Legal: Taufik S. Natasubrata (TeRuCI-0009), Dodi Sardiatmo aka Franky (TeRuCI-0119)

Divisi R&D: vacant (resigned krn mobil dijual)

Divisi Bisnis: Abadi Ahdiat aka abie (TeRuCI-0038)

TeRuCI Ladies: Samira (TeRuCI-0013)

Admin Milis: Agus Djaja (TeRuCI-0001)

Admin Forum: Ary Handoko (TeRuCI-0002), Ari Nuzul Fajri (TeRuCI-0184), Andie Ginanjar Kusuma (TeRuCI-0201)

TeRuCI Tennis Club: Ahmad Mikardo (TeRuCI-0059)

TeRuCI Photography: Ary Handoko (TeRuCI-0002)

TeRuCI Rakom: Sutjipto (TeRuCI-0210)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s