Sepakbolaria……


Ancam bunuh diri

Seorang pendukung klub Vasco Da Gama (Brasil) nekat naik ke atap stadion dan mengancam akan bunuh diri menyusul kekalahan tim kesayangannya 0-2 atas Vitoria, pertengahan Desember lalu. Akibat kekalahan itu, Vasco menghuni peringkat 18 klasemen akhir dan terlempar dari Campeonato Brasileiro Serie A. Inilah kali pertama klub yang bermarkas di Rio de Janeiro mengalami degradasi selama 110 tahun kompetisi tersebut. Selama ini Vasco termasuk satu dari empat tim yang belum pernah terdepak dari kompetisi bergengsi itu. Beruntung, polisi bertindak cepat sehingga niat fan sableng itu dapat digagalkan..

Tri-host Euro 2016

Hingga kini baru ada tiga negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Euro 2016 yaitu Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Jika tak ada yang berminat lagi, kemungkinan ketiganya bisa menjadi tuan rumah bersama. Itu bisa saja terjadi karena pada 2016, peserta yang mengikuti babak penyisihan grup bertambah dari 16 menjadi 24 negara. Nantinya, setiap tuan rumah akan melayani delapan tim, sama seperti pada Piala Eropa 2008 lalu. Stadion di negeri itu menawan seperti Hampden Park, Ibrox Stadium, Celtic Park dan Millennium Stadium. Tapi, tiga tuan rumah apa gak kebanyakan yah?

Messi = Maradona

Pelatih Argentina Diego Armando Maradona berharap Lionel Messi bisa tampil apik di Piala Dunia 2010, seperti saat Maradona menjuarai Piala Dunia 1986. Maradona yakin perfoma Messi akan terus menanjak selama 10 tahun. ”Dia akan tampil bagus di Piala Dunia 2010, seperti saya dulu,” kata pelatih bertubuh bogel itu. Bintang Barcelona tersebut dipercaya akan mengantarkan Tim Tango menjadi juara. Apalagi, puji Maradona, Messi seorang pekerja keras dan bertanggung jawab.

Ganti wasit

Seharusnya pertandingan antara Goias vs Sao Paolo pada Minggu, 7 Desember 2008 dipimpin oleh wasit Wagner Tardelli. Namun ternyata yang menjadi pengadil pada laga Liga Brasil itu adalah Jailson Macedo Freitas. Penggantian mendadak itu dilakukan oleh Konfederasi Sepakbola Brasil (BFC) karena sehari menjelang pertandingan mereka mendapat kabar kalau presiden Sao Paolo Marco Polo del Nero mengadakan pertemuan dengan Tardelli untuk mengatur hasil pertandingan. Sebelum ada skandal, wasit terlebih dulu diganti.

Money laundering

Klub divisi satu Kolombia, Independiente Medellin sedang apes. Sebanyajk 13 orang mantan pengurus teras klub ditangkap polisi, termasuk mantan pemilik klub Rodrigo Tamayo, pertengahan Desember lalu. Polisi menduga klub tersebut menerima dana 65 juta dollar AS (sekitar Rp 780 milyar) selama tiga dekade dari hasil penjualan narkotika. Sejak tahun 1980-an, klub sepakbola Kolombia dijadikan ajang untuk melakukan pencucian uang. Tidak mengherankan kalau beberapa tim berada di bawah pengawasan National Drug Office.

Minta perlindungan

Pendukung timnas Inggris, melalui Football Supporters Federation (FSF) minta perlindungan yang lebih baik kepada para fan saat mereka berada di luar negeri. Stigma bahwa pendukung Inggris adalah hooligan menyulitkan posisi mereka. Kadang, pendukung tim lain menyerang mereka hanya karena mereka pendukung Inggris. Tak ada alasan lain. Dan apesnya, polisi justru menuduh fan Inggris yang mengawali kerusuhan itu. Bahkan, keluh mereka, untuk sekedar membeli minuman dan makanan saja kadang mereka kesulitan. DH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s