Nonton A1GP Bareng Timor-er


Di tengah-tengah kebingungan untuk mendapatkan empat tiket nonton A1GP di Sentul Februari lalu, saya mendapatkan email dari milis yang saya ikuti timor-er@yahoogroups.com yang menginformasikan bahawa pengurus mempunyai 100 tiket gratis yang akan dibagikan kepada anggota milis yang berminat menyaksikan Ananda Mikola berlaga.

Tentu, kabar tersebut sangat menggembirakan. Gratis pula. Padahal harga tiket paling murah adalah Rp 200.000. Saya buru-buru menghubungi pengurus untuk mendapatkan tiket tersebut. Beruntung saya masih kebagian tiga tiket sehingga saya bisa mengajak anak laki-laki saya untuk melihat secara langsung balapan itu.

Mendapatkan tiket gratis nonton A1GP seperti yang saya alami di atas hanyalah sebagian kecil dari keuntungan yang didapatkan anggota milis Timor-er. Dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA), para Timor-er –sebutan untuk pengguna mobil merek Timor, akan mendapatkan diskon di beberapa bengkel rekanan, termasuk bengkel resmi Timor, Timor Putra Nasional (TPN).

Milis timor-er yang didirikan pada 1 November 1999 saat ini memiliki 1079 member yang tersebar di seluruh Indonesia. Sifat keanggotaan milis sangat terbuka. Siapa pun bisa masuk menjadi member. Cukup dengan mengirimkan email kosong ke timor-er-subscribe@yahoogroups.com, seseorang otomatis menjadi anggota milis. Namun tidak semua anggota milis bisa memperoleh KTA. Guna mendapatkan KTA, seseorang harus mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan foto.

Sama dengan milis yang sifatnya sangat cair, untuk mendapatkan KTA Timor-er pun tidak mesti memiliki mobil Timor. Ada beberapa member yang sudah beralih ke mobil lain, seperti Avanza, Xenia, Innova, Taruna, Mercedez Bens, Panther dan lain lain tetapi tetap memegang KTA Timor-er. Bahkan, beberapa pengusus Timor-er sendiri ada yang mengendarai Suzuki Katana, Hyundai Atoz dan KIA Carnival.

Mereka yang sudah lama mengikuti milis timor-er akan betah berada di komunitas ini karena sifatnya yang terbuka. Semua member bebas membicarakan topik apa pun, mulai dari geger foto Mayangsari, ledakan bom, humor, lowongan pekerjaan dan tentunya tips-tips merawat dan meng-up grade mobil Timor. Boleh juga saling meledek antarmember untuk meramaikan milis. Bila milis otomotif umumnya didominasi kaum Adam, tidak demikian dengan Timor-er. Beberapa member perempuan bukan hanya aktif di milis, tetapi juga gemar mengikuti acara TFN dan kegiatan copy darat lainnya.

Anggota milis bukan hanya bertemu di dunia maya, tetapi juga mengadakan copy darat tiap Jumat malam. Acara yang bertajuk Timor Friday Night (TFN) itu biasanya diadakan di Kafe Flora, Hanggar Teras, Pancoran, Jakarta Selatan. Di samping acara kumpul-kumpul, para timor-er juga sering mengadakan work shop untuk mengotak-atik mesin mobil.

Acara TFN itu pun bukan wajib hukumnya. Member yang punya waktu boleh datang, sedang yang malas kena macet, boleh absen. Saya sendiri baru sekali mengikuti TFN saat mengambil stiker dan seragam Timor-er. Namun bukan berarti keakraban anggota tidak terjaga. Anggota Timor-er biasa saling menyapa di jalan raya dengan membunyikan klakson atau menyalakan lampu saat berpapasan atau menyalip. Sesama anggota bisa mengenali mobil member lain karena ada stiker besar yang ditempel pada kaca bagian belakang.

Bahkan, saat musim mudik tiba, anggota Timor-er yang kebetulan tinggal di kota yang menjadi jalur mudik menyediakan diri menjadi posko ngaso. Di Cirebon, misalnya, kalau mau saya bisa beristirahat di rumah salah satu anggota Timor-er. Bahkan, saat di kampung pun, saya bisa bertemu dengan member lain yang kebetulan juga pulang ke kota yang sama. Meski belum pernah bertemu sebelumnya, kami tampak akrab seperti bertemu kawan lama. (DH, dimuat di majalah 3636 edisi Februari 2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s