GREENERGIZE


Tak mau dituding hanya sebagai penyumbang global warming, Jazz Fit Club (JFC) menyuarakan semangat penghijauan. Mereka berharap, gema greenergize terus berdengung agar bumi makin ramah dan udara kian segar.

Sekilas tak ada bedanya antara JFC dan klub otomotif lain. Mereka membicarakan segala hal mengenai mobil kesayangannya, Honda Jazz dan Honda Fit. Mulai dari problem yang dihadapi sampai modifikasi interior dan eksterior untuk menambah perfoma kendaraan. Klub ini sengaja menyatukan pemilik Jazz dan Fit karena mobil tersebut memiliki banyak kesamaan. “Bisa dibilang 90% sama. Kalau bisa dalam satu wadah, kenapa harus berdiri sendiri-sendiri?” jawab Yogas, Ketum JFC periode 2007-08.

Mereka juga rutin mengadakan kumpul-kumpul pada minggu pertama dan keempat. ”Biasanya kami selingi dengan futsal, billiar atau go kart,” lanjut Yogas. Di luar itu, anggota JFC sering bertemu di sekretariat yang terletak di Jalan Pela Raya, Jakarta Selatan. Dengan misi memberi benefit dan membantu menangani keluhan seputar Honda Jazz/Fit, member klub ini terus bertambah. Tercatat ada 700 full member yang tersebar di Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Mataram dan Balikpapan.

Untuk menjadi member sangat gampang. Syarat utama harus memiliki Honda Jazz/Fit dan SIM yang masih berlaku. Dengan membayar biaya pendaftaran Rp150 ribu yang berlaku untuk setahun, calon member akan memperoleh Kartu Tanda Anggota (KTA), seragam dan stiker untuk ditempel di kaca depan dan belakang kendaraan. Cukup dengan menunjukkan KTA, member akan mendapatkan harga khusus dari rekanan JFC. ”Tapi yang lebih penting adalah mendapatkan ilmu, informasi, pengalaman dan teman-teman baru,” jelas Yogas.

Aktifitas di atas memang tak jauh berbeda dengan klub otomotif lain. Namun, saat memperingati ulang tahun keempat, klub yang berdiri sejak 8 Agustus 2004 ini, melakukannya dengan cara unik. Mereka menanam pohon di kawasan Tebet, Jakarta Selatan sebagai simbol pentingnya penghijauan untuk memerangi pemanasan global yang tengah melanda bumi ini. “Kami ingin menunjukkan bahwa kami tidak hanya bisa memakai mobil dan memboroskan BBM saja, tapi kami juga peduli dan berusaha mengambil tindakan nyata,” tambah Armen Yuldi, Ketua Umum JFC periode 2008-09.

Baik Yogas maupun Armen sadar, hasil dari tindakan itu secara global kurang signifikan. Tetapi mereka ingin menyadarkan pentingnya kepedulian terhadap ancaman pemanasan global itu. ”Kami berharap greenergize ini bisa diikuti klub-klub lain,” tambah keduanya. Yogas pun berharap member JFC mau menaggulangi pemanasan global mulai dari hal-hal kecil seperti melakukan perawatan rutin terhadap kendaraannya, menanam pohon di arel rumah serta mengurangi pemakaian AC (air conditioner). Semoga! DH

Nama : Jazz Fit Club (JFC)

Sekretariat : Jalan Pela Raya No 10 Jakarta Selatan

Ketua Umum : Armen Yuldi

Sekretaris : Dian Anggraini

Website : http://www.jazzfitclub.com

Milis : jazz-fit-club@yahoogroups.com


3 thoughts on “GREENERGIZE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s