SATWA PENJAGA STADION


Untuk menjaga stadion tetap bersih dan steril dari gangguan, banyak klub sepakbola yang memanfaatkan jasa para satwa. Mereka bertugas mengusir burung camar dan merpati atau menjadi pest control. Tapi ada pula yang sekedar mitos.

1. Toronto FC

Klub ini sempat sewot dengan ulah burung camar yang suka mengganggu jalannya pertandingan. Burung dari danau Ontario sering mendatangi stadion. Mereka pikir banyak makanan di tempat tersebut. Tetapi mulai 2007, problem tersebut bisa diatasi berkat bantuan Wildlife Management Program. Caranya sederhana. Tiap kali ada pertandingan, panitia menempatkan burung elang di bagian atas stadion. Burung yang diberi nama Bitchy itu tugasnya hanya memantau lapangan. Burung camar tak ada yang nongol. Mereka tak mau menjadi santapan lezat Bitchy. Saat menjamu West Ham awal 2008, Bitchy pun menjadi pasukan keamanan. Dua klub asal Madrid, Real dan Atletico, juga memanfaatkan burung elang untuk mengusir merpati.

2. Manchester City

Manchester City memanfaatkan burung elang untuk mengusir hama binatang, seperti serangga dan tikus, di Maine Road. Namun tak sembarang burung elang bisa menjalankan tugas sebagai pest control. Burung tersebut harus burung terlatih yang biasa dipergunakan untuk berburu. Selain Mancehster City, klub yang memanfaatkan burung sebagai pest control adalah Chelsea.

3. Benfica

Saat menjadi tuan rumah, burung elang yang bertengger di atap Estadio da Luz akan turun ke lapangan. Jika burung elang itu ikut “merumput” jelang laga, pendukung Benfica yakin timnya akan meraih kemenangan. Apa benar demikian? Namanya juga mitos, boleh dipercaya, boleh pula disangkal. DH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s