KIPER SERBA BISA


Semula pemain-pemain tersebut direkrut sebagai seorang kiper. Namun dalam perjalanannya mereka bukan lagi menjadi penjaga gawang. Ada yang menjelma sebagai penyerang, gelandang dan bek.

1. Jorge Campos – Pumas UMAM
Jorge Campos adalah kiper andalan Meksiko. Kelahiran 5 Oktober 1966 ini sudah mencatatkan 130 caps bagi timnas. Tahun 1989 Campos teken kontrak dengan klub Pumas UMAM sebagai seorang kiper. Tapi karena perfoma penjaga gawang klub itu, Adolfo Rios, sangat bagusCampos tak pernah berdiri di bawah mistar. Malah, dia diturunkan sebagai serorang penyerang. Pada musim itu pemakai kostum bernomor sembilan tersebut menyumbangkan 14 gol!

2. Lucas Radebe – Leeds United
Pemain kelahiran 12 April 1969 ini mengawali karir sebagai kiper klub Kaizer Chiefs. Namun tak selamanya dia menjadi penjaga gawang. Mulai tahun 1991, dia menjadi seorang gelandang. Di timnas Afrika Selatan dia menjadi bek. Tahun 1996, dia mengantarkan Afsel merebut Piala Afrika. Dia pun tampil di Piala Dunia 1998 dan 2002. Saat bergabung ke Leeds United tahun 1994, dia menjadi seorang gelandang sebelum akhirnya ditempatkan sebagai bek tengah. Berkat kepiawaiannya, dia pernah menjadi kapten Leeds pada musim 1998/99.

3. Tony Read – Luton
Musim 1967/68 Tony Read menjadi kiper andalan Luton Town. Posisi itu bertahan sampai awal tahun 1970-an. Setelah cukup lama membela Luton, Tony hengkang dari klub ini dan bergabung dengan Exeter City. Di kedua klub itu, Read bermain sebanyak 203 kali. Tapi saat membela Exeter dia tak selalu berdiri di bawag gawang. Dia kadang mengobrak-abrik pertahanan lawan. Menurut catatan, Read berhasil menyarangkan bola ke gawang musuh sebanyak 12 kali.

4. Matt Taylor – Exeter City
Saat mengantarkan klubnya Burscough merebut Piala FA tahun 2003, Matt Taylor masih menjadi penjaga gawang. Ketika hengkang ke Team Bath pada 2006, dia menduduki posisi bek tengah. Posisi itu terus berlanjut, bahkan saat dia mulai bergabung ke Exeter City pada 2007. Mantan pemain England Univeristies ini terikat kontrak sebagai bek di Exeter City hingga 2010. DH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s