Sepakbolaria…oktober


Macan baru Liga Premier

Manchester City harus menjadi tim terbaik di Liga Premier. Musim ini, paling tidak, harus masuk empat besar. Itulah target Sulaiman Al-Fahim, pemilik baru Manchester City. Di bawah bendera Abu Dhabi United Group for Development and Investment (ADUG), Sulaiman mengambil alih klub tersebut dari tangan mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra. Untuk menwujudkan mimpinya, City mendatangkan striker Real Madrid yang sudah lama diincar Chelsea, Robinho, dengan nilai transfer 32,5 juta pound (sekitar Rp 600 milyar). Kabarnya, Januari nanti Sulaiman siap memboyong winger MU Cristiano Ronaldo dengan harga spektakuler.

Tandang ke Kuba untuk pertama

Awal September 2008 adalah hari bersejarah bagi sepakbola AS. Mereka untuk pertama kalinya sejak 1947 bertanding melawan Kuba di babak kualifikasi Piala Dunia 2010 di Havana. Sejak Kuba dipimpin Fidel Castro pada Februari 2006, negeri Paman Sam memberlakukan embargo politik dan ekonomi pada negeri tersebut. Akibatnya, mobilitas warga AS ke Kuba, dan tentu sebaliknya, sangat dibatasi. “Kami pulang dengan membawa souvenir unik yaitu stampel dari pemerintah Kuba di passport kami,” kata Sunil Gulati, presiden United States Soccer Federation. Timnas AS terakhir betemu Kuba pada tahun 1947 di Havana, dimana AS menyerah 2-5.

Oliver Kahn ganti profesi

Mantan kiper Bayern Munich dan timnas Jerman Oliver Kahn (39) tepati janjinya saat berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu. Saat itu Kahn mengatakan akan menjauh dari sepakbola setelah gantung sepatu. Dia tak tertarik menjadi pelatih atau presiden sebuah klub. Mulai 10 September lalu, Kahn menjadi konsultan TV. Rekor Kahn di Bundesliga mencengangkan. Dia tampil dalam 557 pertandingan bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munich. Bersama Munich, dia meraih delapan kali juara Bundesliga dan trofi Liga Champions 2001. Bersama timnas, Kahn mengantarkan tim Panser menggapai final Piala Dunia 2002. Sayang mereka takluk 0-2 atas Brasil.

Jorvan ’Crazy’ Vieira kembali ke Irak

Pelatih Brasil Jorvan Vieira (55) sempat bingung dengan sikap dirinya. “Mungkin saya gila. Saya tidak tahu,” ujarnya ketika tiba di Baghdad, ibukota Irak, awal September lalu. Dia kembali ke negeri itu untuk mengarsiteki timnas Irak. Tahun 2007, Vieira mengantarkan Irak merebut trofi Piala Asia di Jakarta. Setelah itu dia tak mau perpanjang kontrak. Keberhasilan Vieira kala itu mengundang decak kagum. Dia mampu mengukir prestasi di tengah minimnya fasilitas dan keamanan. Tapi, kata Vieira, kondisi sekarang sudah berbeda. Dia diberi kebebasan untuk membentuk tim, termasuk merancang program dan jumlah anggarannya.

Puji Messi menuai kritik

Presiden Federasi Sepakbola Brasil Luiz Inacio Lula da Silva memuji kepiawaian bintang sepakbola asal Argentina Leonel Messi. ”Menurut saya dia pemain terbaik di dunia. Jika kehilangan bola dia berlari untuk merebut bola itu. Beda dengan pemain kami,” ujarnya. Ucapan sang presiden munai berbagai reaksi. Kiper Brasil Julio Cesar meradang dan mengatakan, ”Dia sebaiknya pergi dan hidup di Argentina, menjadi WN sana dan mengundurkan diri dari presiden.” Rupanya sang presiden lupa kalau ada rivalitas abadi antara Argentina dan Brasil. Apalagi Brasil baru saja kalah di Olimpiade Beijing lalu. Wajar dong sensitif.

Football Manager 2009

Kabar baik bagi mania game sepakbola. Football Manager 2009 akan dirilis pada 14 November 2008. Tentu, game ini lebih ciamik dibanding edisi sebelumnya. Terdapat tiga CD game sehingga permainan ini menjadi lebih hidup. Selain fitur-fitur lama, edisi terbaru ini dilengkapi dengan menu press conferences. Jadi, selaku manager Anda bisa menggelar jumpa pers dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa bicara dengan logat Fabio Capello atau Arsene Wenger. Menu baru dan kualitas gambar yang lebih baik, membuat Anda makin lupa akan waktu. Waspada! DH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s