Boladunia


Potato chips in Euro 2008
Swiss –salah satu tuan rumah Piala Eropa 2008- berupaya menjamu tamu sebaik mungkin. Dia tak ingin penonton sepakbola kehabisan keripik kentang saat menyaksikan timnya berlaga. Karena itu Swiss mengimpor 5000 ton kentang, tiga ribu ton di antaranya dibuat potato chips, makanan kesukaan para tifosi. Dua ribu ton lainnya diolah menjadi makanan lain yang tak kalah sedapnya. Pantes saja penonton Piala Eropa menenteng potato chips ukuran jumbo. Hmmm…..lezatnya nonton aksi Thierry Henry sambil mengunyah cemilan lezat.

Gol spektakuler sang kiper
Akhir April 2008, kiper klub Montgomery Town (Divisi Dua Inggris), Steve Goodwin membuat kejuatan. Dia mencetak gol ke gawang Trewern United dari jarak 73 meter sehingga Trewern menyerah 0-1. Gol ini merupakan salah satu gol terbaik di sepakbola Inggris. Gol tersebut lahir ketika Montgomery mendapat hadiah free kick. Karena tak ingin membuang waktu, Goodwin mengambil tendangan itu. Sebelum eksekusi, pelatih Montgmery berteriak kalau posisi kiper lawan salah sehingga dia meminta Goodwin menembak langsung ke gawang. Benar. Tendangan geledek Goodwin melesat dan merobek jala lawan. Kiper Trewern seakan tak percaya gol itu lahir dari tendangan kiper.

Krisis dana Piala Dunia 2010
Permintaan FIFA agar tuan rumah Piala Dunia 2010 Afrika Selatan menggunakan format digital dalam menyiarakan pesta akbar itu menemui kendala. Sentech, perusahaan telekomunikasi Afsel, mengaku kekurangan dana untuk mengubah sinyal analog ke digital seperti yang digariskan FIFA. Menurut Sentech dana yang diperlukan 960 juta rand, sementara pemerintah hanya mampu menyediakan 665 juta rand. Kemampuan finansial Afsel terbatas karena mereka sudah menggelontorkan uang banyak untuk membangun stadion dan infrastrukturnya. Yang jelas, akibat kekuarangan dana ini, target digitalisasi televisi jadi molor. Kalau jadwal Piala Dunia sih kagak bakal mundur.

1840 naked people for Euro 2008
Ada-ada saja cara untuk mempromosikan Piala Eropa 2008. Fotografer asal AS yang hobi membuat karya seni bugil Spencer Tunick memotret 1840 orang di Happel Stadium, tempat berlangsungnya grand final, 29 Juni 2008. Tiga permintaan Tunick pada relawan sebelum pemotretan adalah: no sunglasses, no smiling, and no underwear. Pria mendapat giliran pertama, disusul kaum hawa. Tunick sendiri yang mengatur posisi dan pose relawan, termasuk dimana bola harus diletakkan di tubuh mereka. Setelah menemukan posisi yang pas, dia berteriak, ”Stay very still. Don’t move.” Potret ribuan orang bugil itu, menurut Tunick, menggambarkan spirit dalam olahraga, arsitektur ombak yang ada pada stadion, serta relasi abstrak pada manusia modern. Relawan tak dibayar loh.

Reality show cari pemain sepakbola
ESPN STAR Sports dan Imagine OmniMedia akan luncurkan reality show bertajuk SportStar Football. Melalui reality show ini ESPN ingin mencari pemain sepakbola dari seluruh dunia. Untuk tahap awal, dimulai dari kawasan Asia. Gagasan itu datang dari David Edwards, pencipta RockStar: INXS yaitu reality show untuk mencari vokalis grup band asal Australia. Edwards mengklaim sebagai reality show pertama di dunia di bidang sepakbola. Edward lupa (atau ga tahu ya?) kalau di Malaysia dan Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) pernah menayangkan acara serupa bertajuk MY TEAM.

Fans Legia Warsaw neo-Nazis
Pendukung klub Legia Warsaw (Polandia) bukan hanya suka bikin onar, seperti saat timnya menang 4-3 atas Wisla Krakow. Tetapi mereka juga sering bertindak rasialis terhadap pemain lawan, bahkan terhadap wartawan. Wartawan BBC Mihir Bose punya pengalaman tak enak pada mereka. Ketika mewawancarai fans Legia di tengah kota Warsawa, para suporter itu tak mau menatap wajahnya karena dia orang India. Diajak bersalaman pun mereka menolak. Ketua Legia Warsaw Leszek Miklas mengakui 15 hingga 20 persen pendukung mereka adalah penganut neo Nazis. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s