AMPHIGATOR: Menembus batas


Sukses membuat mobil sport amfibi, Dave March kembali mengenalkan AmphiGator. Jip amfibi pertama di dunia yang bisa dipacu sampai dengan kecepatan 200 km/jam di darat dan 70 km/jam di air. Mau?

Tiga puluh tahun lamanya Dave March, pendiri WaterCar Inc, beserta dua anak lelakinya berupaya keras menciptakan mobil amfibi yang memenuhi hasratnya: bisa ngebut di darat dan air. Gairah menciptakan amfibi balap muncul lantaran beberapa mobil amfibi yang dicobanya selalu tak konsisten. Hanya kencang di satu medan, darat atau air saja.

Awalnya March berobsesi menciptakan mobil amfibi sport yang bisa menampung empat orang. Maka pilihan body kendaraan jatuh ke Camaro 2002 yang terbuat dari fiberglass. Enteng dan tahan air. March memburu mesin yang galak di darat atau sungai. Dipilihlah mesin Subaru yang berkapasitas 2,5 liter dan bertenaga 300 HP dan Berkeley 12JE Jet Drive. Paduan dua mesin itu menghasilkan kecepatan fantastis: 200 kmh di darat dan 45 kmh di air.

Untuk menjaga kenyamanan, Camaro tersebut menggunakan suspensi independent di empat roda serta rem C-4 Corvette dengan rotor steenles steel. Sistem transmisi memakai Rancho Type I-4 (manual). Jika mobil ini menyentuh air, keempat rodanya akan ditarik ke atas dengan sistem hidrolik sehingga bagian bawah kendaraan menjadi datar. Penumpang tetap nyaman meski amphibi ini ngebut di atas air.

Setelah sukses mengubah Camaro menjadi amfibi, kini WaterCar mengenalkan AmphiGator, jip amfibi pertama di dunia. Mesin yang digunakan tetap berbasis pada amfibi sebelumnya (Camaro). Hanya, bentuk kendaraan yang diubah dari sedan sport ke jip. Sama dengan Camaro, AphiGator pun mempunyai empat tempat duduk. Di belakang jok terdapat mesin jet yang berfungsi saat mobil menyusuri sungai atau danau. Dilihat dari bentuknya, AmphiGator mirip dengan jip CJ 7. Hanya sedikit lebih panjang.

AmphiGator sesuai bagi Anda yang berjiwa petualang karena mobil ini bisa menembus batas. Model jip memudahkan Anda menaklukkan lokasi-lokasi yang sulit diterobos mobil sport lain. Dihadang sungai atau danau di tengah perjalanan, libas saja. Mobil tersebut cocok juga bagi Anda yang tinggal di Jakarta. Paling tidak, jika banjir bandang melanda ibukota, Anda masih bisa berkeliling Jakarta. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s