TOURING MANIA


Big & free maintenance. Itulah alasan utama sebagian besar anggota Volkswagen Van Club (VVC) memilih mobil bongsor buatan Jerman ini. Walau rata-rata usia kendaraan mereka tak muda lagi, bahkan kadang lebih tua dari pemiliknya, namun VW Kombi masih tangguh menyusuri jalan lintas Sumatra.

Hebatnya lagi untuk melakukan tur antarpulau, mereka kadang tak perlu merencanakan terlebih dulu. ”Dari ngobrol kayak gini kita pernah berangkat ke Palembang PP,” kata Tiko E Soekrisno, Sekretaris VVC. Yang dimaksud ngobrol oleh Tiko adalah pertemuan rutin di sekretariat tiap malam Sabtu. Menempuh perjalanan sejauh 1285 km, VW Kombi mereka tetap aman dan terkendali (meminjam istilah aparat keamanan). ”Sampai sekarang mobil saya belum pernah dicuci,” tambah Tommy Dewantoro, anggota VVC nomor 499 yang mengikuti tur dadakan itu.

Menempuh perjalanan jauh sudah menjadi agenda rutin klub yang didirikan pada 13 Oktober 1981 ini. ”Minimal tiga kali setahun kita mengikuti jambore nasional,” lanjut Tiko. Jambore memang diadakan tiga kali untuk menampung kehendak 66 klub mobil VW yang ingin bertukar informasi. “Jambore kedua awal Juli di Wonosobo dan ketiga akhir Desember di Banten,” tambah Tommy, Humas VVC.

Menurut Tommy, anggota VVC berjumlah 502 orang. “Yang aktif sekitar 80 sampai 100 orang,” kata Tiko. Memang, mayoritas anggota sudah senior (untuk menghindari kata tua), tetapi ada pula yang masih imut. ”Paling kecil umur 16 tahun. Kelas 2 SMU,” jelas Tommy. Beberapa member, seperti Harvyanto Suharto, mengikuti jejak ayahnya menjadi anggota VVC, sehingga di belakang nomor anggotanya ditambahi huruf A. ”Tapi saya juga dilantik sebagai anggota,” kenang Harvy yang memegang jabatan Kabid Sosial VVC.

Perbedaan usia, bahkan mungkin generasi, tak menghalangi mereka untuk berbagi informasi. Tiap malam Sabtu, sekeratriat yang terletak di Pancoran, Jakarta Selatan ramai dengan derai tawa anggota VVC. ”Bisa sampai pagi kita di sini,” jelas Tommy. Membahas VW Kombi, bagi mereka, tak akan ada habisnya. ”Bagi kita VW bukan istri kedua, tapi istri pertama,” lanjut Tiko sambil tergelak.

Bila Anda penggemar berat VW Kombi dan senang touring, segera bergabung dengan komunitas tersebut. Dengan membayar Rp 325.000 Anda sudah tercatat sebagai anggota VVC. “Harus datang ke sini dengan membawa VW Kombi-nya serta menunjukkan surat kepemilikan,” jelas Tommy. Uang itu sudah termasuk pembayaran iuran tahunan, stiker VVC dan nomor anggota serta seragam. (DH)

Volkswagen Van Club
Jalan Pancoran Timur VIII No. 2B
Jakarta Selatan 12770
(021) 7947074

Ketua Umum : Irjen (Purnawirawan) Pamoedji Soetopo
Ketua Harian : Nadhya Wardana
Sekretaris : Tiko E Soekrisno
Bendahara : Tur Anggono
Kesekretariatan : Boy
Keanggotaan : Emir Y Pane
Humas : Tommy Dewantoro
Sosial : Harvy Suharto
Umum : Nano Uban

One thought on “TOURING MANIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s