Boladunia


1. Klub Kurcaci

Sepakbola, terutama di Brasil, menjadi primadona semua orang, termasuk manusia cebol di Belem, Brasil. Tak mau kalah dengan yang lain mereka pun mendirikan klub bernama: Gigantes do Norte (raksasa dari Utara). Nama penuh lelucon. Mereka ingin menunjukkan kalau selera humornya tinggi. Mereka pun tak minder dengan ukuran tubuhnya yang mini. Tapi, kalau harus bertanding melawan Adriano atau Ruud van Nistelrooy, tentu mereka kalah. Lawan yang sepadan adalah usia 13 tahun. Dalam laga ujicoba melawan Barcarena U-13, awal April lalu, mereka menang 4-0. Nah, jangan anggap enteng mereka!

2. Tewas terbentur tembok

Nasib apes dialami pemain Kroasia Hrvoje Custic (24). Winger klub Zadar itu meninggal dunia awal April lalu setelah lima hari dirawat intensif di rumah sakit Zadar karena gegar otak yang sangat serius akibat terbentur tembok di pinggir lapangan. Kala Zadar menang 1-0 atas Cibalia Vinkovci, Custic yang sedang berebut bola dengan lawan terpeleset sehingga kepalanya membentur tembok yang berjarak dua meter dari lapangan. Walau langsung digotong ke rumah sakit, tapi cedera yang amat serius menyebabkan nyawanya tak tertolong lagi.

3. Matrix maafkan Zidane

Masih ingat kasus kapten Prancis Zinedine Zidane yang menanduk bek tengah timnas Italia Marco Materazzi di Piala Dunia 2006 lalu? Kasus itu menarik karena, meski mengaku salah, Zidane tak mau minta maaf pada Matrix, sapaan Marco Materazzi. Tapi pekan pertama April lalu, Zidane melalui koran Daily Star meminta maaf secara terbuka terhadap Matrix. Tentu, Matrix senang mendengar kabar itu. ”Akhirnya kebenaran datang. Tak ada lagi surat kabar yang menganggap saya berbohong,” ujar Matrix.

4. Ditunda karena kebakaran

Bentrok Groningen vs Ajax (Liga Belanda) yang sedianya digelar Minggu, 13 April terpaksa ditunda karena terjadi kebakaran kecil di stadion Euroborg. Kebakaran yang disebabkan oleh lemparan kertas tisu yang menyala itu menyebabkan penonton di bagian selatan berebut keluar, menghindari api dan kepulan asap. Pertandingan ditunda karena asap tebal bisa mengganggu pernafasan. Dalam insiden itu, 19 fans terluka serta empat penonton dirawat di rumah sakit.

5. Bintang Afrika beramal

Striker asal Mali yang kini membela klub Sevilla, Frederic Kanoute bekerjasama dengan UNICEF akan menggelar pertandingan amal pada 13 Mei 2008 di Stadion Sanchez Pizjuan, Spanyol. Pertandingan tersebut melibatkan bintang-bintang top Afrika seperti Didier Drogba (Chelsea), Emmanuel Adebayor (Arsenal), Samuel Eto’o (Barca), Michael Essien (Chelsea), dan lain-lain. Hasil pertandingan digunakan untuk membantu memerangi mortalitas anak di Afrika dan membangun “children city” di Bamako. Pertandingan ini juga untuk menghormati bek Sevilla Antonio Puerta (22) yang tewas saat bertanding karena serangan jantung. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s