Top Five All-Time Transfers


Masuknya pengusaha tajir asal Rusia Roman Abramovich ke Chelsea belum mampu memecahkan rekor baru transfer pemain. Hingga kini nilai transfer untuk Zinedine Zidane tujuh tahun silam masih yang tertinggi.

Uniknya, dari lima transfer termahal itu tak satu pun klub asal Inggris yang masuk hitungan. Padahal, klub Inggris royal dalam menggaji pemain. Manchester United pun sempat tercatat sebagai klub terkaya, sebelum digusur Real Madrid. Berikut ini transfer termahal sepanjang sejarah:

1. Christian Vieri – 578 milyar rupiah (1999)
Apa yang membuat Inter rela merogoh kocek segede itu untuk mendatangkan pemain Lazio kelahiran Bologna, 12 Juli 1973 yang kini membela Fiorentina itu? Saat pertama kali membela Lazio di Seri A, Christian Vieri mencetak 14 gol sehingga Lazio hanya beda satu nilai dengan scudetto saat itu Milan. Kepindahan Vieri dari Lazio ke Inter itu merontokkan rekor transfer Denilson dari Sao Paolo ke Real Betis sebesar 398 milyar rupiah.

2. Gianluigi Buffon – 589 milyar rupiah (2001)
Gianluigi “Gigi” Buffon adalah kipper timnas Italia saat tim Azzurri merebut juara dunia 2006. Tahun 2003, dia terpilih sebagai Most Valuable Player dan Kiper Terbaik FIFA.. Dia pun masuk 125 pesepakbola terbesar di dunia. Pantas kalau Juventus berani membayar Parma sebesar Rp 589 milyar. Kiper kelahiran 28 Januari 1978 ini memulai debutnya di seri A bersama Parma saat berumur 17 tahun. Empast musim bersama Parma dia menyumbangkan trofi Piala Uefa.

3. Hernan Crespo – 641 milyar rupiah (2000)
Pemain kelahiran Florida, 5 Juli 1975 ini memang layak dihargai selangit. Memulai debutnya tahun 1993 bersama River Plate (Argentina). Tiga tahun kemudian dia menyumbangkan gelar Copa Libertadores dan medali perak di Olimpiade Atalanta. Tahun 1996 dia hengkang ke Parma. Dia merebut trofi Piala Italia dan Piala Uefa (1999). Prestasi Crespo membuat Lazio berani membayarnya selangit. Tahun 2000, uang Rp 641 milyar memecahkan rekor baru transfer pemain. Tapi wajar. Tahun pertama bersama Lazio, strike yang saat ini membela Inter itu menjadi top scorer Seri A dengan mencetak 26 gol.

4. Luis Figo – 699 milyar rupiah (2000)
Kepindahan Luis Filipe Madeira Caeiro dari Barcelona ke Real Madrid bukan hanya memecahkan rekor baru nilai transfer, tapi juga memunculkan gejolak besar di Spanyol. Sebelumnya pemain kelahiran Lisbon (Portugal), 4 November 1972 itu pernah berjanji tak akan menyeberang ke Real Madrid, musuh abadi Barca. Maka ketika Figo hengkang ke Real, fans Barca sangat membencinya. Dia dijuluki “Judas Figo”. Supporter Barca juga membuat website http://www.AntiFigo.com. Tahun 2002, fans Barca melempari Figo dengan botol whiskey dan kepala babi saat Real bermain di Nou Camp. Di final Euro 2004, kembali fans Barca mengejek Figo yang sedang membela Portugal.

5. Zinedine Zidane – 830 milyar rupiah (2001)
Pemain asal Perancis ini namanya mulai melambung setelah dia mengantarkan Perancis menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Real Madrid melakukan berbagai upaya untuk mendatangkan pemain Juventus itu, tak peduli berapa biaya yang mesti dikeluarkan. Real kembali memecahkan rekor baru ketika mereka membayar Rp 830 milyar kepada Juventus. Hingga kini nilai transfer itu belum terkalahkan. Kapan rekor ini akan tumbang? (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s