Juventini Indonesia tampil beda


Berbeda dengan fans klub pada umumnya, Juventini Indonesia (JI) justru lahir dari keprihatinan. Kala itu, tim kesayangan mereka yang berjuluk Old Lady harus terdepak dari Seri A karena terlibat skandal calciopoli (pengaturan wasit). “Kita ingin membuktikan bahwa Juventus tetap eksis,” ujar Joey, salah seorang pendiri JI.

Pria yang bernama lengkap Wahyu M Raharjo itupun menolak jika mereka disebut fans klub. “Kami hanya komunitas, bukan fans klub,” jelasnya. Oleh karena itu mereka belum memiliki kepengurusan. ”Yang ada hanya moderator forum,” lanjut pria kelahiran Jakarta, 13 September 1983 itu. Apapun sebutannya, yang jelas, Juventini Indonesia memiliki aktifitas layaknya sebuah fans klub. Mereka rutin menggelar gathering, nonton bareng, bhakti sosial atau mengadakan latihan futsal.

Walau komunitas ini baru berdiri 28 Juli 2006, tetapi mereka yang terdaftar dalam forum di http://www.juventini-indonesia.org sudah 3.415 orang. Mereka bukan hanya warga Jakarta, tetapi juga fans Juventus dari luar kota. Bahkan, warga Indonesia yang sedang merajut hidup di luar negeri pun ikut bergabung dalam forum tersebut. Melalui website inilah mereka bertukar informasi tentang tim dan pemain kebanggaan mereka.

Joey mengatakan, puncak kegembiraan Jeventini Indonesia ( juga Juventini di seluruh dunia) terjadi pada Sabtu, 19 Mei 2007. Di giornata ke-39 itu, Juventus memastikan diri kembali ke Seri A setelah semusim berlaga di Seri B. Joey dan rekan-rekan pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaan itu. Haruskah menggelar big party untuk merayakan kemenangan tersebut?

Tidak! Juventini Indonesia harus tampil beda. Tak ada pesta di cafe atau foya-foya. Mereka memilih berbagi kebahagiaan dengan penghuni Panti Asuhan Al-Kautsar di kawasan Bekasi Barat. ”Kami ingin perayaan yang sederhana tapi tak mengurangi makna,” jelas penggemar Alessandro Del Piero itu.

Semangat kebersamaan itulah yang hingga kini terus dikobarkan oleh para Juventini Indonesia. Mereka bukan hanya peduli pada sesama, tetapi mereka pun peduli pada kelestarian lingkungan hidup dengan turut mendukung aktifitas Greenpeace. Bila Anda penggemar Juventus, kunjungi situsnya dan bergabunglah bersama mereka. (DH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s